MAN 22 Jakarta Berikan Seminar Tentang Cara Menghafal Al-Quran Yang Mutqin Untuk Peserta Didik

0
148

Jakarta (Humas MAN 22 Jakarta) — Bagi sebagian orang, menghafal ayat-ayat suci Al-Quran mungkin adalah suatu hal yang sulit dilakukan. Tetapi tidak demikian bila kita memiliki tekad kuat. Bukan tidak mungkin satu hari menghafal satu ayat bisa dilakukan setiap siswa.

Dekan fakultas dakwah PTIQ Taufiqurrahman mengatakan, menghafal Al-Quran itu sangat mudah dan bisa dilakukan setiap hari. Proses menghafal bisa dilakukan sambil mengerjakan aktivitas lainnya.

“Misalnya sambil mencuci dan menyapu, kita bisa menghafal satu ayat. Itu harus rutin dilakukan setiap hari. Setelah itu, dilanjutkan dengan muraja’ah atau mengulang hafalan setiap pekan dan setiap bulan. Sehingga hafalan terjaga,” kata Taufiqurrahman dalam Seminar Al-Quran tentang Bagaimana Cara Menghafal Al-Quran yang Mutqin, Selasa (16/7).

“Dalam menghafal Al-Quran dibutuhkan niat yang lurus karena Allah dan kemauan yang keras. Selain itu, juga disarankan untuk mencari guru yang berkompeten dan memiliki sanad,” ujar Taufiqurrahman dihadapan peserta seminar.

Sebelum menghafal Al-Quran, siswa diharapkan harus mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Selain itu, siswa juga harus memiliki target untuk menghafal dan muraja’ah.

“Berdoa kepada Allah, mendoakan kedua orang tua, serta berbakti kepada guru merupakan kunci keberhasilan dalam menghafal Alquran,” tambahnya.

Seminar Al-Quran ini dihadiri sebanyak 35 peserta yang berasal dari siswa Boarding MAN 22 Jakarta, siswa yang mengikuti ekskul tahfidz dan pengurus OSIS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here