4 Gelar Sarjana Teknik Informatika Di Indonesia

Gelar Sarjana Teknik Informatika

Gelar sarjana teknik informatika di Indonesia benar-benar bermacam. Ada universitas yang menerapkan gelar sarjana teknik, ada yang menerapkan sarjana komputer, malah ada pula yang menerapkan gelar sarjana pendidikan . Perbedaan pemakaian gelar ini lazimnya didasarkan atas alternatif nama jurusan dan fakultasnya.

Berikut ini sebagian nama gelar sarjana teknik informatika yang ada di Indonesia yang Kau jadikan wawasan baru.

1. S.T. (Sarjana Teknik)

Gelar S.T. ini diberi untuk mahasiswa yang sudah mengatasi pendidikan di tahapan sarjana. Program studi yang juga menerapkan gelar ini merupakan prodi teknik komputer dan teknik informatika. Terlebih apabila kedua prodi ini masuk ke dalam Fakultas Teknik.

Baca Juga : Contoh Program Kerja OSIS SMP, SMA, dan SMK

2. S. Kom. (Sarjana Komputer)

Gelar S.Kom. atau sarjana komputer diberi terhadap mahasiswa yang sudah mengatasi studinya di tahapan sarjana. Sebagian prodi yang menerapkan gelar ini yakni:

Ilmu Komputer (Computer Science)
Cara Kabar (Information System)
Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Cara Komputer (Computer System)
Digital Akuntansi (Computerized Accounting)
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Umumnya, gelar ini diberi oleh universitas yang mempunyai jurusan teknik informatika dan bidang ilmu komputer lainnya di Fakultas Ilmu Komputer atau Fakultas Teknik Informatika. Dengan demikian, gelar yang diaplikasikan merupakan sarjana komputer, bukan sarjana teknik padahal nama jurusannya mengandung kata teknik.

3. S. ST. (Sarjana Sains Terapan)

Gelar sarjana teknik informatika di tahapan D4 merupakan S.ST. atau sarjana sains terapan. Tingkatan D4 yaitu tahapan yang sepadan dengan S1 atau sarjana sebab mahasiswa mempunyai keharusan untuk mengatasi 144 SKS dalam waktu 4 tahun.

Sedangkan sepadan, tahapan D4 dan S1 tak sama. Tingkatan D4 termasuk dalam trek pendidikan profesional atau vokasi. Walaupun S1 termasuk dalam trek pendidikan akademis. Dengan demikian, kurikulumnya berbeda.

4. S. Pd. (Sarjana Pendidikan)

Kecuali ketiga gelar yang telah diceritakan itu, Kau juga mungkin akan menerima gelar S.Pd. Gelar ini diperoleh saat Kau memilih kampus dengan jurusan pendidikan teknik informatika, seperti yang ada di UNY dan UNJ. Jadi, jurusan ini lebih berpusat terhadap bidang pendidikan .

Alumnus dari jurusan pendidikan teknik informatika ini nantinya diberi nasehat untuk menjadi seorang guru atau trainer. Tapi bukan tak mungkin Kau yang dari jurusan ini dapat berkarir di bidang teknis.

Keempat sarjana teknik informatika hal yang demikian ditulis sesudah nama komplit. Sebelum gelar dan setelah nama komplit, dipisahkan dengan pertanda koma. Misalnya: Nama Komplit, S.T.

Kau info mengenai sarjana teknik informatika dan sistem penulisannya. Semoga sesudah membaca info ini, Kau tak lagi keder dengan ragam-ragam pemakaian gelar untuk mahasiswa alumnus sarjana teknik informatika yang ada di Indonesia.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version