Universitas

Fakultas Beserta Program Studinya di Universitas Indonesia

Terdapat 14 Fakultas Beserta Program Studinya di Universitas Indonesia

kalian calon mahasiswa Universitas Indonesia (UI), sudahkah tahu apa data macau saja jurusan di UI? Salah satu universitas negeri tertua di Indonesia ini memang idamannya sejuta calon mahasiswa baru yang telah menuntaskan pendidikan menengah atas. Apakah UI itu kampus impianmu juga, Sobat?

Beda universitas bisa beda fakultas dan jurusan, loh. Kalau begitu, sudahkah Sobat tahu jurusan atau program studi (prodi) incaranmu di UI itu berada di fakultas apa? Ya udah deh, kita kepoin Universitas Indonesia dan jurusannya, yuk!

Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Indonesia

Saat ini, Universitas Indonesia menyediakan program pendidikan mulai dari program Sarjana, Pascasarjana, Doktoral, Profesi, Spesialis, dan Vokasi. Berikut daftar fakultas dan jurusan di UI yang dikelompokkan berdasarkan tingkatan programnya:

A. Program Sarjana (S1)

Program Sarjana (S1) merupakan program pendidikan yang dapat diikuti oleh siswa lulusan sekolah lanjutan atas dan sederajat, dengan usia ijazah tidak lebih dari 3 tahun. Jalur masuk penerimaan program ini, terdiri dari SNBP, UTBK-SNBT, PPKB, dan SIMAK UI.

Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK)

1. Fakultas Kedokteran

  • Program Studi Kedokteran

2. Fakultas Kedokteran Gigi

  • Program Studi Kedokteran Gigi

3. Fakultas Kesehatan Masyarakat

  • Program Studi Kesehatan Masyarakat
  • Program Studi Kesehatan Lingkungan
  • Program Studi Gizi keluaran macau
  • Program Studi Keselamatan & Kesehatan Kerja

4. Fakultas Ilmu Keperawatan

  • Program Studi Ilmu Keperawatan

5. Fakultas Farmasi

  • Program Studi Farmasi

Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi (Saintek)

6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  • Program Studi Matematika
  • Program Studi Fisika
  • Program Studi Kimia
  • Program Studi Biologi
  • Program Studi Geografi
  • Program Studi Geofisika
  • Program Studi Geologi
  • Program Studi Statistika
  • Program Studi Aktuaria

7. Fakultas Teknik

  • Program Studi Teknik Sipil
  • Program Studi Teknik Mesin
  • Program Studi Teknik Elektro
  • Program Studi Teknik Metalurgi dan Material
  • Program Studi Arsitektur
  • Program Studi Arsitektur Interior
  • Program Studi Teknik Kimia
  • Program Studi Teknik Industri
  • Program Studi Teknik Perkapalan
  • Program Studi Teknik Lingkungan
  • Program Studi Teknik Komputer
  • Program Studi Teknologi Bioproses
  • Program Studi Teknik Biomedik

8. Fakultas Ilmu Komputer

  • Program Studi Ilmu Komputer
  • Program Studi Sistem Informasi

Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora (Soshum)

9. Fakultas Hukum

  • Program Studi Ilmu Hukum

10. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Program Studi Ilmu Ekonomi
  • Program Studi Manajemen
  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Ekonomi Islam
  • Program Studi Bisnis Islam

11. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

  • Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea
  • Program Studi Bahasa dan Sastra Belanda
  • Program Studi Arkeologi
  • Program Studi Ilmu Filsafat
  • Program Studi Ilmu Perpustakaan
  • Program Studi Ilmu Sejarah
  • Program Studi Sastra Arab
  • Program Studi Sastra Cina
  • Program Studi Sastra Daerah/Jawa
  • Program Studi Sastra Indonesia
  • Program Studi Sastra Inggris
  • Program Studi Sastra Jepang
  • Program Studi Sastra Jerman
  • Program Studi Sastra Prancis
  • Program Studi Sastra Rusia

12. Fakultas Psikologi

  • Program Studi Psikologi

13. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • Program Studi Ilmu Politik
  • Program Studi Ilmu Komunikasi
  • Program Studi Sosiologi
  • Program Studi Antropologi Sosial
  • Program Studi Kriminologi
  • Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial

14. Fakultas Ilmu Administrasi

  • Program data sgp Studi Niaga
  • Program Studi Negara
  • Program Studi Fiskal

5 Universitas Terbaik Di Bandung

Universitas negeri memang selalu dijadikan pilihan utama untuk menempuh pendidikan selanjutnya, salah satunya universitas negeri di Bandung. Kuliah di Bandung selalu menjadi salah satu pilihan para calon mahasiswa. Supaya lebih jelas, berikut ini beberapa universitas togel hongkong negeri di Bandung yang populer beserta beberapa jurusannya. Catat, ya!

Universitas Pasundan

Universitas Pasundan merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Tinggi (YPT) Pasundan dan payung besar Paguyuban Pasundan. Kampus ini menempati posisi ke 62 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi uniRank. Berdasarkan data yang dikutip dari laman BAN-PT, Universitas Pasundan mendapatkan peringkat akreditasi Unggul.

Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung adalah salah satu perguruan tinggi swasta tertua yang berlokasi di Kota Bandung. Perguruan Tinggi Swasta ini menempati posisi ke 77 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi uniRank. Berdasarkan data yang dikutip dari laman BAN-PT, Universitas Islam Bandung mendapatkan peringkat akreditasi Unggul.

UPI

Jika kamu mencari program studi keguruan, maka kamu bisa memilih Universitas Pendidikan Indonesia. Awalnya, UPI mempunyai nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru atau PTPG. Selanjutnya nama tersebut diganti menjadi IKIP Bandung. Namun, nama tersebut diubah pada tahun 1999 menjadi Universitas Pendidikan Indonesia. UPI saat ini mendapatkan kepercayaan untuk menjadi PTNBH atau Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. Dengan akreditasi A, kamu bisa berkuliah dan menikmati fasilitas yang ada di sana.

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Untuk yang tertarik dengan seni dan budaya, ISBI bisa dijadikan pilihan utama. Ada berbagai macam program pendidikan yang ditawarkan perguruan tinggi negeri yang satu ini, termasuk pendidikan program vokasi, sarjana, dan pascasarjana. Untuk program sarjana, fakultas di ISBI Bandung antara lain Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta Fakultas Budaya dan Media. ISBI beralamat di Jalan Buah Batu No. 212 Kota Bandung.

Institut Teknologi Nasional

Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung merupakan Perguruan Tinggi Swasta keluaran hk yang beralamat di Jl. PH.H. Mustapa No. 23, Bandung. Berdasarkan data yang dikutip dari laman BAN-PT, Perguruan Tinggi ini mendapatkan peringkat akreditasi Unggul. Perguruan Tinggi Swasta ini menempati posisi ke 82 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi uniRank.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi dan Daftar Kampus Jurusan Teknik Geologi

man22jakarta.com – Teknik geologi terbilang memiliki prospek kerja yang sangat banyak. Namun, kira-kira perusahaan seperti apa sih yang cocok untuk kamu? Peluang karier yang biasanya menjadi pilihan utama bagi lulusan teknik geologi adalah yang berkaitan dengan sektor minyak dan gas. Hal ini karena kedua hal tersebut menawarkan gaji yang tidak main-main. Meski begitu prospek kerja teknik geologi tidak hanya sebatas itu saja, lho. Kamu tetap memiliki peluang untuk bekerja di berbagai bidang dan perusahaan lainnya.

Berikut beberapa prospek kerja teknik geologi yang bisa kamu tekuni baik di dalam bidang pertambangan atau pun yang bukan.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Geologi

Kamu bisa memilih jurusan ini terutama jika kamu menyukai tentang ilmu Bumi dan melakukan penelitian tentang seluk beluk Bumi. Apalagi jika kamu memiliki pengeluaran hk ketertarikan pada ilmu alam seperti Fisik, Biologi, Kimia, Matematika, dna juga Geografi; pelajaran-pelajaran yang akan kamu dapatkan di program studi ini pasti menarik banget buatmu.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi

Prospek kerja seorang lulusan Teknik Geologi cukup mumpuni, lho, gaes. Gimana nggak, lulusan Teknik Geologi biasanya bekerja di perusahaan-perusahaan tambang besar seperti Adaro, Antam, Kideco, dan masih banyak lagi. Selain itu, mereka juga bisa masuk ke perusahaan perminyakan seperti Pertamina, Exxon, Chevron, British Petroleum, dan lain-lain. Nggak lupa, instansi-instansi pemerintahan seperti Kementrian Lingkungan Hidup, Energi dan Sumber Daya Mineral, hingga BPPT dan LIPI juga membutuhkan tenaga lulusan Teknik Geologi.

Kampus yang Membuka Jurusan Teknik Geologi

Prospek yang cerah menjadi salah satu pertimbangan kenapa Jurusan Teknik Geologi dipilih oleh calon mahasiswa baru. Tapi Jurusan Geologi ini ada di mana saja, sih?

D3 Teknik Geologi (akreditasi C) ada di Universitas Kutai Kertanegara, Tenggarong. D3 Teknik Geologi Terapan (akreditasi C) berada di Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP, Bandung.

S1 Jurusan Teknik Geologi dengan akreditasi A terdapat di:

  • Universitas Trisakti
  • Universitas Gadjah Mada
  • UPN Veteran Yogyakarta
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Hasanuddin

Jika Teknik Geologi UGM menjadi bagian dari Fakultas Teknik, Teknik Geologi Unpad berdiri sendiri sebagai sebuah fakultas. Bagaimana dengan Teknik Geologi di kampus-kampus lain?

Tenang, Sobat. Pilihanmu tidak terbatas pada kampus-kampus di atas. Masih ada, misalnya, Teknik Geologi ITB (akreditasi Unggul) dan Teknik Geologi Undip (akreditasi B).

Alumni Teknik Geologi ITB banyak yang bekerja di bidang industri pertambangan IDN Toto, gas bumi, dan perminyakan. Sebagian mereka juga bekerja di instansi pemerintah maupun lembaga penelitian. Tak jauh berbeda, alumni Teknik Geologi Undip juga berpeluang menjadi peneliti, pengusaha di bidang pertambangan, hingga pendidik.

Perkiraan Biaya Kuliah Farmasi Untuk Jenjang S1 Nih

Perkiraan Biaya Kuliah Farmasi Untuk Jenjang S1 Nih – Berapa tarif kuliah farmasi di universitas di Indonesia? Pertanyaan ini mungkin akan sering kali ditanyakan oleh mereka yang akan mendaftar kuliah. Apalagi jurusan farmasi ini adalah salah satu alternatif jurusan yang cukup populer dan diukur bergengsi dengan jumlah peminat yang cukup banyak di Indonesia.

Kalau ditanya berapa tarif yang diperlukan untuk dapat berkuliah di jurusan farmasi ini tentu jawabannya tak dapat diambil secara pasti. Tiap universitas mempunyai ketetapan masing-masing soal tarif kuliah. Tarif kuliah di universitas negeri berbeda dengan tarif kuliah di universitas swasta dan tak dapat dipukul rata.

Perkiraan Biaya Kuliah Farmasi Jenjang S1

Pun untuk sesama universitas negeri sekalipun tarif kuliah di jurusan farmasi dapat berbeda. Jadi, akan jauh lebih bagus jikalau Kau bertanya seketika ke universitas seputar berapa besarnya tarif untuk berkuliah di jurusan farmasi. Kalau seketika bertanya, Kau dapat menerima isu tarif yang lebih jitu dan dapat diandalkan.

Jurusan Farmasi

Bicara seputar jurusan farmasi, jurusan yang satu ini memang amat diminati di Indonesia. Pelajar yang belajar di jurusan IPA lazimnya akan mewujudkan jurusan ini sebagai sasaran jurusan mereka. Tidak mengherankan memang sebab jurusan farmasi yakni jurusan yang berkwalitas dan mempunyai prospek kerja yang baik.

Baca Juga : 10 Alasan Memilih Kuliah Di Universitas Bagi Yang Masih Ragu

Ya, sebelum memilih jurusan kita memang seharusnya menentukan problem prospek atau kans kerja. Jurusan farmasi dapat memberikan Kau kans kerja yang baik mulai dari apoteker, dosen, peneliti, posisi di perusahaan besar, dan lain sebagainya. Gaji yang dapat Kau temukan dikala berprofesi nanti juga dapat amat besar.

Sebagai tamatan farmasi Kau dapat berprofesi di bidang obat-obatan ataupun kecantikan. Kau juga dapat melanjutkan pengajaran ke tahapan pascasarjana bagus di universitas dalam negeri ataupun universitas luar negeri. Intinya banyak sekali hal yang dapat Kau capai sesudah lulus dari jurusan farmasi ini.

Tarif Kuliah

Kembali lagi ke sangkaan tarif kuliah farmasi. Jurusan farmasi adalah salah satu jurusan yang amat populer di Indonesia. Tarif kuliah di jurusan ini juga amat bervariasi tergantung universitasnya. Tetapi sebagai sangkaan, tarif kuliah di jurusan farmasi berkisar antara Rp 4 juta sampai Rp 7 juta per semester dengan metode pembayaran UKT.

UKT adalah uang kuliah tunggal yang menjadi metode pembayaran uang kuliah di universitas dikala ini. UKT dibayarkan tiap-tiap semester dan angkanya memang cukup besar. Tetapi besarnya UKT untuk setiap mahasiswa berbeda tergantung tingkat penghasilan dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan.

Kalau Kau mau menerima isu yang lebih jitu seputar tarif kuliah farmasi, Kau dapat berkonsultasi secara seketika dengan pihak universitas. Kalau tarif kuliah dirasa terlalu tinggi Kau juga dapat minta bantuan dari pihak universitas. Tanyakan apakah Kau dapat mengajukan keringanan tarif dan jikalau dapat seperti apa prosedurnya.

10 Alasan Memilih Kuliah Di Universitas Bagi Yang Masih Ragu

Alasan memilih kuliah di universitas sebab Kau masih merasa ragu? Sesudah lulus SMA, Kau memang akan dihadapkan pada banyak opsi. Pertama, Kau semestinya memilih lanjut kuliah atau tak. Apabila lanjut kuliah, Kau akan berkuliah dimana?

Ada banyak daerah yang dapat dipilih untuk melanjutkan kuliah. Tidak cuma universitas, ada sekolah tinggi, institut, dan lain sebagainya. Banyak orang yang lebih memilih mencari ilmu di universitas. Melainkan, kenapa?

Alasan Memilih Kuliah Di Universitas

Berikut yaitu 10 alasan memilih kuliah di universitas:

1. Pujian Tersendiri

Dapat berkuliah di universitas menjadi sebuah pujian tersendiri. Apalagi jikalau universitas yang Kau masuki yaitu universitas yang berkwalitas bagus di Indonesia. Kau dan keluargamu pasti akan merasa berbangga.

2. Alternatif Jurusan Luas

Dengan memilih kuliah di universitas, Kau dapat menemukan banyak sekali opsi jurusan tersedia. Lain halnya dengan institut yang berpusat pada bidang ilmu tertentu. Universitas meliputi banyak bidang ilmu dan punya banyak opsi jurusan.

Baca Juga : 4 Gelar Sarjana Teknik Informatika Di Indonesia

3. Banyak Alternatif Universitas

Di Indonesia ini ada banyak sekali opsi universitas yang tersedia. Mulai dari universitas swasta sampai universitas negeri yang banyak dijagokan. Jadi, tak susah untuk menemukan universitas yang cocok keinginanmu.

4. Berpeluang Besar Bisa Beasiswa

Apabila dapat berkuliah di universitas karenanya Kau berpeluang besar untuk menerima beasiswa. Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan untuk pelajar yang berkuliah di universitas tertentu.

5. Lingkup Pergaulan Luas

Lingkup pergaulanmu dikala berkuliah di universitas akan kian luas. Kau dapat berjumpa banyak sahabat dari bermacam-macam bidang ilmu. Banyak tipe keragaman yang akan Kau dapatkan di universitas.

6. Dapat Aktif Di Luar Kuliah

Dengan berkuliah di universitas, Kau dapat aktif meniru aneka tipe aktivitas di luar kuliah. Kau dapat aktif meniru aktivitas ekstrakurikuler atau bergabung dengan kelompok sosial tertentu di luar kuliah.

7. Dapat Mendalami Kau Di Bidang Tertentu

Kau akan lebih mendalami bidang ilmu yang Kau minati. Di universitas Kau akan terkonsentrasi pada pendalaman ilmu di bidang yang Kau pilih. Kau seperti di sekolah tinggi dimana Kau dinasehati untuk praktik dan mencoba lantas.

8. Kesempatan Kerja Terbuka Lebar

Kesempatan kerja sebagai alumnus universitas akan terbuka lebar. Kau dapat menemukan banyak kans kerja yang cocok dengan kualifikasimu.

9. Banyak Alternatif Kau Seleksi

Untuk masuk ke universitas, ada sebagian tipe pengerjaan seleksi yang dapat Kau pilih. Apabila Kau tak lolos di seleksi satu, karenanya pilih pengerjaan seleksi lainnya yang masih memungkinkan.

10. Kesempatan Besar Kuliah di Luar Negeri

Sesudah lulus dari universitas Kau dapat berkuliah ke luar negeri. Kesempatan kuliah di luar negeri terbuka lebar apalagi jikalau universitasmu di Indonesia menjalin kerja sama dengan universitas tujuanmu di luar negeri.

Itulah tadi 10 alasan memilih kuliah di universitas. Kau tinggal Kau tentukan apakah Kau berharap berkuliah di universitas negeri atau universitas swasta. Jangan lupa, pastikan Kau memilih jurusan yang paling Kau minati di universitas.

4 Gelar Sarjana Teknik Informatika Di Indonesia

Gelar sarjana teknik informatika di Indonesia benar-benar bermacam. Ada universitas yang menerapkan gelar sarjana teknik, ada yang menerapkan sarjana komputer, malah ada pula yang menerapkan gelar sarjana pendidikan . Perbedaan pemakaian gelar ini lazimnya didasarkan atas alternatif nama jurusan dan fakultasnya.

Berikut ini sebagian nama gelar sarjana teknik informatika yang ada di Indonesia yang Kau jadikan wawasan baru.

1. S.T. (Sarjana Teknik)

Gelar S.T. ini diberi untuk mahasiswa yang sudah mengatasi pendidikan di tahapan sarjana. Program studi yang juga menerapkan gelar ini merupakan prodi teknik komputer dan teknik informatika. Terlebih apabila kedua prodi ini masuk ke dalam Fakultas Teknik.

Baca Juga : Contoh Program Kerja OSIS SMP, SMA, dan SMK

2. S. Kom. (Sarjana Komputer)

Gelar S.Kom. atau sarjana komputer diberi terhadap mahasiswa yang sudah mengatasi studinya di tahapan sarjana. Sebagian prodi yang menerapkan gelar ini yakni:

Ilmu Komputer (Computer Science)
Cara Kabar (Information System)
Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Cara Komputer (Computer System)
Digital Akuntansi (Computerized Accounting)
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Umumnya, gelar ini diberi oleh universitas yang mempunyai jurusan teknik informatika dan bidang ilmu komputer lainnya di Fakultas Ilmu Komputer atau Fakultas Teknik Informatika. Dengan demikian, gelar yang diaplikasikan merupakan sarjana komputer, bukan sarjana teknik padahal nama jurusannya mengandung kata teknik.

3. S. ST. (Sarjana Sains Terapan)

Gelar sarjana teknik informatika di tahapan D4 merupakan S.ST. atau sarjana sains terapan. Tingkatan D4 yaitu tahapan yang sepadan dengan S1 atau sarjana sebab mahasiswa mempunyai keharusan untuk mengatasi 144 SKS dalam waktu 4 tahun.

Sedangkan sepadan, tahapan D4 dan S1 tak sama. Tingkatan D4 termasuk dalam trek pendidikan profesional atau vokasi. Walaupun S1 termasuk dalam trek pendidikan akademis. Dengan demikian, kurikulumnya berbeda.

4. S. Pd. (Sarjana Pendidikan)

Kecuali ketiga gelar yang telah diceritakan itu, Kau juga mungkin akan menerima gelar S.Pd. Gelar ini diperoleh saat Kau memilih kampus dengan jurusan pendidikan teknik informatika, seperti yang ada di UNY dan UNJ. Jadi, jurusan ini lebih berpusat terhadap bidang pendidikan .

Alumnus dari jurusan pendidikan teknik informatika ini nantinya diberi nasehat untuk menjadi seorang guru atau trainer. Tapi bukan tak mungkin Kau yang dari jurusan ini dapat berkarir di bidang teknis.

Keempat sarjana teknik informatika hal yang demikian ditulis sesudah nama komplit. Sebelum gelar dan setelah nama komplit, dipisahkan dengan pertanda koma. Misalnya: Nama Komplit, S.T.

Kau info mengenai sarjana teknik informatika dan sistem penulisannya. Semoga sesudah membaca info ini, Kau tak lagi keder dengan ragam-ragam pemakaian gelar untuk mahasiswa alumnus sarjana teknik informatika yang ada di Indonesia.

6 Kampus Swasta di Solo, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Kampus Swasta di Solo, Calon Mahasiswa Mesti Tahu – Untuk kau calon mahasiswa yang bernita melanjutkan pengajaran kuliah di solo tentu patut tahu kampus amna saja yang terbaik. Dari sekian banyak kampus di solo ada sebagian kampus swasta di solo yang mempunyai predikat terbaik. Tau ngga sih, terbukti ada banyak banget kampus di Solo.

Daftar Kampus Swasta di Solo

1. Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

Universitas swasta di Solo ini yakni milik Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Surakarta. Berawal dari sebuah Sekolah Bidan, kemudian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta saat ini menaungi tak hanya jurusan-jurusan di bidang kesehatan.

Universitas di Solo ini membuka Program D3 Keperawatan dan D4 Fisioterapi. Untuk Program S1-nya, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta menawarkan lebih banyak opsi, yakni Keperawatan, Kebidanan, Administrasi Rumah Sakit, Kewirausahaan, Manajemen Retail, serta Cara dan Teknologi Isu. PTS di Solo ini sekarang terakreditasi Baik Sekali oleh BAN PT.

Baca Juga : Daftar 4 SMA Terbaik di Bandar Lampung Versi LTMPT

2. Universitas Islam Batik

Perguruan tinggi swasta di Solo ini sempat dikenal dengan nama Universitas Islam Kyai Modjo (UIM) sebelum alhasil kita kenal dengan nama Universitas Islam Batik seperti sekarang. Kampus swasta di Surakarta yang sekarang terakreditasi B ini menaungi empat fakultas dengan banyak opsi jurusan, yakni Manajemen, Akuntansi, Aturan, Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan, Teknik Industri, dan Teknik Sipil

3. Universitas Setia Budi

Universitas Setia Budi berdiri sebagai sebuah universitas swasta di Surakarta seperti sekarang setelah berkembang dari sebuah Akademi Analis Kesehatan, Analis Farmasi, Teknik Kimia, Teknik Gigi, hingga kemudian Farmasi. Universitas di Surakarta ini dinaungi oleh Yayasan Pendidikan Setia Budi dan sekarang telah meraih akreditasi B BAN PT.

Ada empat Program D3 di Universitas Setia Budi, yakni Farmasi, Anafarma, Analis Kesehatan, dan Analis Kimia. Pada Program D4, univ swasta di Solo ini menyediakan Jurusan Analis Kesehatan. Walaupun untuk Program S1, opsi jurusan yang ada yakni Farmasi, Manajemen, Akuntansi, Teknik Kimia, Teknik Industri, dan Psikologi.

4. Universitas Slamet Riyadi

Ketika ini Universitas Slamet Riyadi berstatus sebagai sebuah universitas swasta di Solo dengan akreditasi B yang dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi. Salah satu tempat kuliah di Solo ini menawarkan opsi Jurusan Ilmu Aturan, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ilmu Relasi Internasional, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Isu, Pendidikan Hati Usia Dini, Pengarahan Konseling, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Agroteknologi, dan Teknologi Hasil Pertanian.

5. Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Kampus swasta di Solo ini didirikan oleh para eks Tentara Pelajar Brigrader 17 Surakarta yang tergabung dalam Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan. Ketika ini Universitas Tunas Pembangunan Surakarta terakreditasi B dan menaungi empat fakultas dengan pelbagai opsi jurusan.

Pada Program D3, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta membuka Jurusan Teknologi Pemeliharaan Pesawat. Pada Program D4, universitas swasta di Solo ini menyediakan Jurusan Cara Isu Kota Cerdas. Untuk Program S1, opsi jurusan yang tersedia yakni Teknik Sipil, Arsitektur, Agroteknologi, Agribisnis, Manajemen, Akuntansi, Pengarahan Konseling, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Pendidikan Fisik. Roulette Online

6. Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta

Berdirinya PTS di Solo ini diawali dengan sebuah Akademi Keperawatan yang kemudian menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. Setelah berstatus sebagai Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta, ada dua fakultas yang dinaunginya yakni Ilmu Kesehatan serta Sains dan Teknologi.

Pada Program D3, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta membuka Jurusan Kebidanan dan Keperawatan. Perguruan tinggi swasta di Solo ini juga membuka Program D4, yakni Anastesiologi dan Teknik Rekayasa Elektromedis. Untuk Program S1, opsi jurusan yang disediakan di Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta meliputi Keperawatan, Gizi, dan Informatika. Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta saat ini terakreditasi B.

Link Pendaftaran SMM PTN-Barat dan Ketentuan Jurusannya

Link Pendaftaran SMM PTN-Barat dan Ketentuan Jurusannya – Peluang registrasi SMM PTN-Barat 2023 atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Kawasan Barat masih dibuka. Calon mahasiswa baru dapat mencoba kesempatan ini. Pendaftaran seleksi ini dibuka pada 8 Mei 2023 pukul 08.00 WIB sampai 27 Juni 2023 pukul 16.00 WIB. Tautan registrasi untuk SMM PTN-Barat 2023 merupakan www.registrasi.smmptnbarat.id.

Registrasi SMM PTN-Barat 2023 dikerjakan secara online. Tarif registrasinya merupakan Rp 350 ribu yang bisa dibayarkan melewati Bank Mandiri, BTN, BNI, atau BSI.

Ketetapan Jurusan SMM PTN-Barat 2023

Pemfilteran atau seleksi SMM PTN-Barat dikerjakan melewati UTBK yang dikerjakan panitia seleksi. Adapun materi yang diujikan merupakan percobaan potensi skolastik (TPS), percobaan literasi bahasa Indonesia, percobaan literasi bahasa Inggris, dan penalaran matematika.

Baca Juga : Telkom University Beasiswa Keagamaan, Cek Syaratnya

Dihimpun dari laman legal, berikut ini ketetapan memilih jurusannya:

Peserta bisa memilih paling banyak dua program studi di satu PTN maupun 2 PTN berbeda.
Urutan prodi mengungkapkan prioritas.
PTN alternatif pertama tak mesti dipilih jadi lokasi UTBK. Tapi, sebaiknya lokasi yang dipilih yakni yang terdekat dengan alamat ketika ini.
Siswa yang memilih prodi dengan persyaratan keterampilan, mesti melampirkan portofolio dalam format video yang telah diunggah ke YouTube. Domisili URL-nya lalu dicantumkan dalam menu unggah portofolio pada waktu mendaftar.
Portofolio dalam format gambar disimpan dalam Google Drive dan tautan-nya disertakan dalam menu unggah.

Jadwal SMM PTN-Barat 2023

Registrasi: 8 Mei-27 Juni 2023
Kerja UTBK: 3-15 Juli 2023 pukul 08.00-16.00 WIB
Skoring dan pemeringkatan: 14-15 Juli 2023
Pengumuman: 18 Juli 2023 pukul 16.00 WIB
Jadwal UTBK SMM-PTN Barat
Berikut ini jadwal percobaan UTBK SMM-PTN Barat. Khusus hari Jumat, sesi siang disesuaikan dengan jadwal salat Jumat di lokasi masing-masing. Per harinya, UTBK dikerjakan dalam dua sesi dengan jadwal berikut ini:

1. Sesi Pagi
07.30-07.40: masuk ruang ujian
07.40-07.50: pemeriksaan identitas dan dokumen
07.50-08.00: latihan
08.00-08.40: percobaan potensi skolastik
08.40-09.30: ujian literasi bahasa Inggris
09.30-10.20: ujian literasi bahasa Indonesia
10.20-11.05: ujian penalaran matematika
2. Sesi Siang
13.15-13.25: masuk ruang ujian
13.25-13.35: pemeriksaan identitas dan dokumen
13.35-13.45: latihan
13.45-14.25: percobaan potensi skolastik
14.25-15.15: percobaan literasi bahasa Inggris
15.15-16.05: ujian literasi bahasa Indonesia
16.05-16.50: ujian penalaran matematika

Prasyarat SMM PTN-Barat 2023

Alumnus SMA/SMK/MA/sederajat/paket C mesti mempunyai ijazah.
Alumnus SMA/SMK/MA/sederajat/paket C tahun 2023 telah punya surat keterangan lulus yang memuat berita jati diri, pasfoto, dan dibubuhi cap yang legal.
Mempunyai kesehatan yang memadai sehingga tak mengganggu cara kerja belajar.
Memiliki ijazah yang dikeluarkan dalam 3 tahun terakhir (2021-2023) selain untuk:
UMRAH (Universitas Maritim Raja Ali Haji), Universitas Jambi (Unja), dan Universitas Teuku Umar (UTU) dapat menerapkan ijazah 5 tahun terakhir (2019-2023).
ISBI (Institut Seni Tradisi Indonesia) Aceh mendapatkan ijazah 10 tahun terakhir (2014-2023) dan paket C optimal usia 35.
Universitas Palangka Raya (UPR) mendapatkan peserta dengan ijazah 3 tahun terakhir (2021-2023) untuk fakultas kedokteran. Sementara, untuk fakultas lainnya mendapatkan peserta dengan ijazah 5 tahun terakhir (2019-2023) atau paket C optimal 25 tahun.
Metode Daftar SMM PTN-Barat 2023
Registrasi dikerjakan secara online
Mengisi formulir registrasi ujian tulis dan portofolio melewati https://registrasi.smmptnbarat.id/
Registrasi mulai tanggal 8 Mei 2023 jam 08.00 WIB hingga 27 Juni 2023 jam 16.00 WIB.
Peserta yang telah mendaftar dapat membayar tarif seleksi optimal 27 Juni 2023 pukul 16.00 WIB.
Seandainya belum mengatasi pengisian formulir secara online, peserta masih punya kans untuk memecahkannya dan melaksanakan simpan permanen paling lambat 28 Juni 2023 jam 14.00 WIB.
Batas waktu cetak kartu peserta merupakan 28 Juni 2023 pukul 16.00 WIB.

Universitas Alternatif SMM PTN-Barat 2023

Universitas Syiah Kuala
Universitas Riau
Universitas Jambi
Universitas Bengkulu
Universitas Andalas
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Universitas Palangka Raya
Universitas Malikussaleh
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Universitas Bangka Belitung
Universitas Teuku Umar
Institut Teknologi Sumatera
Universitas Samudra
Institut Seni Tradisi Indonesia Aceh
Universitas Siliwangi
UIN Suska Riau
UIN Mahmud Yunus Batusangkar
Universitas Sumatera Utara
Universitas Pengajaran Indonesia
UPN Mantan Jakarta
Institut Seni Tradisi Indonesia Bandung
UIN Syahada Padangsidempuan
Universitas Singaperbangsa Karawang

Nah, itulah tautan registrasi SMM PTN-Barat 2023, ketetapan memilih jurusan, dan berjenis-jenis berita berkaitan lainnya.

Telkom University Beasiswa Keagamaan, Cek Syaratnya

Beasiswa Keagamaan Telkom University – Demi menetapkan inklusi dan penghargaan kepada segala keyakinan, Telkom University meluncurkan beasiswa yang memungkinkan mahasiswa dari segala agama menerima pengajaran yang bermutu tanpa hambatan finansial. Hal ini adalah salah satu upaya untuk menyokong kebebasan beragama dan memfasilitasi keperluan spiritual mahasiswa.

Untuk dikenal, beasiswa di Kampus Telkom University yakni inisiatif yang bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang inklusif, menghormati, dan memfasilitasi kebebasan beragama. Program ini dirancang untuk menyokong mahasiswa dari pelbagai agama untuk memaksimalkan potensi akademik mereka tanpa semestinya kuatir seputar tarif pengajaran.

Telkom University Beasiswa

Registrasi beasiswa keagamaan dibuka dari 3-20 Mei 2023. Adapun skema beasiswa yang ditawarkan pada Trek Beasiswa Keagamaan di Telkom University yakni sebagai berikut:

– Beasiswa Favorit. Mahasiswa akan menerima benefit Bebas Tarif Pengajaran hingga lulus.

– Beasiswa Piawai. Mahasiswa akan mendapat Potongan Tarif Pengajaran pada tahun pertama (potongan dapat berupa 100% tarif UP3 dan atau 100% tarif SDP2) senilai Rp. 7.000.000 sd 15.000.000.

Baca : 18 Prodi UIN Sunan Kalijaga Terakreditasi Internasional FIBAA

Bagi calon mahasiswa yang hendak mendaftar beasiswa keagamaan di Tel-U, berikut sebagian prasyarat yang perlu disiapkan:

– Siswa SMA/SMK/MA tamatan tahun 2021/2022/2023

– Skor Rapor Semester 1 s.d 5 minimal 75

– Berlaku untuk segala agama di Indonesia: Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

– Mengerjakan Pembelian PIN Registrasi

– Melampirkan surat keaktifan/kepengurusan aktivitas keagamaan atau surat saran dari pemuka agama.

Program beasiswa keagamaan di Telkom University peluang yang berimbang bagi mahasiswa dari segala agama. Tujuan utamanya yakni memberikan peluang terhadap mahasiswa yang bermutu untuk mendapat pengajaran yang bermutu tanpa mengamati agama yang dianut.

Untuk kriteria seleksi, dijalankan menurut kriteria akademik dan prestasi di bidang rohani. Dengan demikian, beasiswa keagamaan tak cuma dimaksudkan bagi mereka yang memerlukan bantuan finansial tapi juga bagi mereka yang mempunyai potensi akademik serta prestasi di bidang kerohanian.

Kecuali bantuan keuangan, beasiswa di Telkom University juga memberikan dukungan dalam format fasilitas keagamaan. Kampus menyediakan daerah ibadah dan ruang untuk aktivitas keagamaan bagi segala agama yang dianut oleh mahasiswa.

Program beasiswa dari Telkom University tak cuma memberikan bantuan finansial, tapi juga memberikan peluang terhadap mahasiswa untuk mencontoh aktivitas pembinaan dan pengembangan yang berhubungan dengan agama mereka. Sehingga, mahasiswa bisa memaksimalkan pemahaman yang lebih dalam seputar agama mereka dan memperkuat skor-skor spiritual dalam kehidupan sehari-hari.

Beasiswa keagamaan di Telkom University juga berperan dalam membangun toleransi dan kerjasama antaragama di lingkungan kampus. Melewati interaksi antar mahasiswa dari pelbagai agama, diinginkan tercipta pengertian dan saling menghormati yang akan mempererat silaturahmi antar mahasiswa.

18 Prodi UIN Sunan Kalijaga Terakreditasi Internasional FIBAA

Prodi UIN Sunan Kalijaga Terakreditasi Internasional FIBAA – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga jadi universitas pertama di Indonesia dengan 18 program studi terakreditasi Yayasan Akreditasi Administrasi Bisnis Internasional (FIBAA). Managing Director FIBAA Diane Freiberger dan Kepala Akreditasi Internasional FIBAA Viktoria Dermanowski menyerahkan akta akreditasi hal yang demikian terhadap Rektor UIN Sunan Kalijaga, Al Makin beserta pejabat lainnya. Berdasarkan rilis dari situs sah Kemenag, akta diserahkan hari ini (11/5/2023) di kampus UIN Sunan Kalijaga beriringan dengan pembukaan workshop akreditasi FIBAA.

Apa Itu Akreditasi FIBAA?

FIBAA yaitu institusi penjamin kwalitas internasional yang basisnya berlokasi di Eropa dan mempunyai spesialisasi dalam bidang administrasi, bisnis, manajemen, dan bidang yang berkaitan.

Institusi hal yang demikian beroperasi sebagaimana standar internasional dan diakui semua dunia untuk evaluasinya yang ketat dan komprehensif atas institusi dan program pendidikan. FIBAA juga diketahui dengan keahliannya dalam mengukur berdasarkan kriteria yang diatur European Association for Quality Assurance in Higher Education (ENQA).

Baca Juga : 6 Beasiswa 2023 Full Sampai Lulus

Ketua Institusi Penjamin Kwalitas (LPM) UIN Sunan Kalijaga, Fakhri Husein membeberkan pelaksanaan akreditasi FIBAA melibatkan evaluasi yang menyeluruh atas program akademik, institusi, fakultas, penelitian, fasilitas, cara mendidik, sekalian aspek lain yang terkait dengan kwalitas pendidikan.

“Evaluasi dikerjakan oleh regu pakar dengan pengetahuan dan pengalaman luas di bidangnya, yang mengevaluasi lembaga menurut kriteria yang sudah diatur” jelas Fakhri Husein.

18 Prodi UIN Sunan Kalijaga Terakreditasi FIBAA

  • S3 studi Islam
  • S2 pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
  • S2 pendidikan Islam buah hati umur dini
  • S1 pendidikan bahasa Arab
  • S1 pendidikan agama Islam
  • S1 pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
  • S1 manajemen pendidikan Islam
  • S1 ilmu hadis
  • S1 studi agama-agama
  • S1 pendidikan Islam buah hati umur dini
  • S1 ilmu Al Qur’an dan tafsir
  • S1 aqidah dan filsafat
  • S1 tuntunan dan konseling islam
  • S1 pengembangan masyarakat Islam
  • S1 sosiologi
  • S1 ilmu komunikasi
  • S1 perbankan syariah
  • S1 manajemen keuangan syariah.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Institusi, Iswandi Syahputra menyebut, akreditasi 18 prodi ini yaitu pencapaian signifikan UIN Kalijaga. Pasalnya, ini memperlihatkan janji kampus dalam menyediakan pendidikan berkwalitas tinggi yang memenuhi standar internasional.

Akreditasi hal yang demikian juga dievaluasi meyakinkan mahasiswa, orang tua, dan para pemberi kerja bahwa program studi yang bersangkutan mempunyai standar yang tinggi dan memenuhi persyaratan pasar kerja internasional.

Iswandi melanjutkan, guna merayakan pencapaian ini, UIN Kalijaga mengadakan Workshop Akreditasi FIBAA pada 11-13 Mei 2023. Acara ini dihadiri perwakilan puluhan universitas di semua Indonesia yang hendak mempelajari pelaksanaan akreditasi FIBAA dan manfaatnya.

“Keberhasilan UIN Sunan Kalijaga meraih akreditasi FIBAA untuk 18 prodi menjadi tolak ukur baru bagi institusi pendidikan di Indonesia, dan diinginkan lebih banyak lagi perguruan tinggi yang meniru upaya akreditasi FIBAA untuk meningkatkan kwalitas pendidikan di tanah air, ujar Iswandi.

Daftar Sekolah Tertua di Dunia, Nomor Satu Ada di Asia

Daftar Sekolah Tertua di Dunia, Nomor Satu Ada di Asia – Sekolah informal sudah ada di dunia semenjak sebelum masehi, setidaknya ada yang sukses dicatat oleh sejarah. Kebanyakan sekolah tertua di dunia ini berasal dari Inggris dan dua dari Jerman. Meskipun satu lagi yang paling tua dari daratan Asia.

Beberapa besar, sekolah-sekolah tertua ini terus beroperasi semenjak tanggal pendiriannya dan sebagian di antaranya pun masih berada di lokasi aslinya. Adapun sekolah yang dimaksud merupakan tahapan sekolah dasar dan menengah.

Daftar Sekolah Tertua di Dunia

Sekolah Menengah Shishi di Chengdu, China menjadi yang tertua di dunia sesudah dibuka semenjak 143-141 SM. Sekolah ini didirikan pada masa dinasti Han. Kedua ada Sekolah Raja di Canterbury yang didirikan pada tahun 597 M, tak lama sesudah St. Augustine tiba di Inggris. Sekolah ini diyakini sebagai sekolah tertua yang masih ada di Eropa.

Baca Juga : 5 Negara Terbaik di Dunia untuk Tujuan Pendidikan, Siapa Nomor Satu?

Untuk sekolah lainnya, berikut daftarnya seperti dikutip dari web Oldest.org.

1. SMA Shishi, Sichuan, Cina
Tahun Didirikan: 141-143 SM

2. Sekolah Raja Canterbury, Kent, Inggris
Tahun Didirikan: 597 M

3. Rochester Raja, Kent, Inggris
Tahun Didirikan: 604 M

4. Sekolah Santo Petrus,York, Inggris
Tahun Didirikan: 627 M

5. Sekolah Tata Bahasa Thetford, Norfolk, Inggris
Tahun Didirikan: 631 M

6. Worcester Sekolah Tata Bahasa Kerajaan, Worcestershire, Inggris
Tahun Didirikan: 685 M

7. Sekolah Tata Bahasa Beverley, East Riding of Yorkshire, Inggris
Tahun Didirikan: 700 M

8. Sekolah Sherborne, Dorset, Inggris
Tahun Didirikan: 705 M

9. Gimnasium Pauline, Rhine-Westphalia Utara, Jerman
Tahun Didirikan: 797 M

10. Gymnasium Carolinum, Osnabrück, Jerman
Tahun Didirikan: 804 M

5 Negara Terbaik di Dunia untuk Tujuan Pendidikan, Siapa Nomor Satu?

Negara Terbaik di Dunia untuk Tujuan Pendidikan, Siapa Nomor Satu? – Melanjutkan pendidikan di luar negeri tentu menjadi hasrat banyak orang. Terutamanya sekiranya dapat melanjutkan di negara terbaik bidang pendidikan.
Dari sekian banyak negara, terdapat lima negara yang sudah disurvei dan menjadi yang terbaik untuk tujuan pendidikan.

Survei global dikerjakan tahun 2022 kepada lebih dari 17.000 orang dan menyoroti negara-negara menurut persepsi responden dalam kaitannya dengan metode pendidikan publik yang berkembang dengan bagus.

Survei hal yang demikian kemudian menjadi pertimbangan kepada negara yang mempunyai universitas berkwalitas tinggi. Berikut ini untuk daftarnya dikutip dari US News.

Negara Terbaik di Dunia Dalam Pendidikan

1. Amerika Serikat
Cara pendidikan publik di negara ini didanai beberapa besar melewati pajak negara komponen dan lokal. Di Amerika, siswa diharuskan untuk mengawali pendidikan seharusnya semenjak umur 5 tahun sampai setidaknya umur 16 tahun.

Dari 2,7 juta siswa AS berusia 16 sampai 24 tahun yang lulus SMA antara Januari dan Oktober 2021, hampir 62% teregistrasi di perguruan tinggi atau universitas pada Oktober 2021, berdasarkan Biro Statistik Energi Kerja AS.

Baca Juga : Berapa Usia Paling Tepat bagi Anak untuk Mulai Sekolah?

Perlu dikenal bahwa AS ialah daerah bagi delapan dari 10 Universitas Global Terbaik, berdasarkan US News.

2. Inggris Raya (UK)
Inggris ialah daerah bagi dua dari 10 Universitas Global Terbaik. Di Inggris Raya, pendidikan seharusnya untuk beberapa besar siswa diawali pada umur 5 tahun sampai 16 tahun.

Siswa di negara ini juga diketahui mempunyai poin di atas rata-rata dalam matematika, membaca, dan sains pada Program Pengukuran Siswa Internasional OECD 2018.

3. Jerman
Seperti yang dikenal, daerah lahirnya konsep taman kanak-kanak ialah salah satunya di Jerman. Beberapa besar si kecil di Jerman berusia antara 3 dan 6 tahun mencontoh kelas pada tingkat hal yang demikian sebelum seharusnya sekolah diawali pada umur 6 tahun.

Sekolah dasar lazimnya berlangsung selama empat kelas. Sesudah itu beberapa besar siswa mencontoh bermacam jalanan pendidikan menengah, seperti Hauptschule, atau sekolah lazim, yang menyediakan pendidikan menengah dasar dan seringkali jalanan ke pelatihan kejuruan.

Pelajar Jerman mendapatkan poin di atas rata-rata OECD dalam membaca, matematika, dan sains pada Program Pengukuran Pelajar Internasional OECD 2018.

4. Kanada
Negara satu ini amat diketahui unggul sebab pendidikan publik di Kanada free. Buah-si kecil bisa mengawali sekolah dasar semenjak umur 4 tahun dan wajib mencari ilmu hingga mereka berusia 16 atau 18 tahun, tergantung pada provinsi atau zonanya.

Siswa Kanada mendapatkan poin di atas rata-rata dalam membaca, matematika, dan sains pada Program Pengukuran Siswa Internasional OECD 2018, yang menilai performa akademik di antara siswa berusia 15 tahun.

Kanada juga menjadi daerah bagi sebagian universitas terkemuka di dunia.

5. Prancis
pendidikan di Prancis didasarkan pada kurikulum nasional dan seharusnya diawali pada umur 3 sampai 16 tahun. pendidikan tinggi di universitas negeri beberapa besar didanai oleh pemerintah.

Berdasarkan data tahun 2018 perihal si kecil umur 15 tahun dari Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Program Pembangunan untuk Pengukuran Siswa Internasional, siswa Prancis mendapatkan nilai Negara Terbaik di Dunia sedikit di atas rata-rata keseluruhan di antara negara-negara OECD dalam tiga domain membaca, matematika, dan sains.

Perbedaan SNBT dan SNBP, Calon Mahasiswa 2023 Perlu Tahu

Perbedaan SNBT dan SNBP, Calon Mahasiswa 2023 Perlu Tahu – Seleksi masuk PTN 2023 secara nasional ini diketahui sebagai Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNMPB). Ada dua jalur SNMPB 2023, yakni Seleksi Nasional Menurut Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Menurut Percobaan (SNBT). Perbedaan SNBT dan SNBP paling mendasar berlokasi pada ujian yang dijalankan. SNBT menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Sementara itu, tak ada ujian atau percobaan pada SNBP.

Kalau diperbandingkan dengan pengerjaan seleksi nasional masuk PTN pada 2022, SNBT menggantikan UTBK SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Sementara itu, SNBP menggantikan SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPT).

Perbedaan SNBT dan SNBP

1. Bagian Seleksi
Perbedaan SNBT dan SNBP pada bagian seleksi simpelnya yaitu ada-tidaknya percobaan UTBK.

Seleksi SNBP menerapkan skor rerata rapor segala mata pembelajaran, skor rapor dan skor mata pembelajaran pensupport, dan prestasi lain yang ditentukan PTN. Khusus peminat prodi seni dan olahraga seharusnya menyertakan portofolio.

Sementara itu, seleksi SNBT menggunakal hasil percobaan UTBK saja, atau hasil UTBK + kriteria lain yang ditentukan bersama oleh PTN. Nah, hasil percobaan UTBK juga dapat digunakan untuk mendaftar di Jalanan Mandiri PTN tertentu yang membuka jalur skor UTBK.

Baca Juga : 10 Universitas Kedokteran Terbaik di Indonesia

2. Tarif
Perbedaan SNBT dan SNBP berikutnya yang paling mendasar yaitu biayanya. Peserta SNBT dikenakan tarif UTBK SNBT sebesar Rp 200.000, sementara tarif SNBP tidak dipungut bayaran.

Melainkan, siswa pendaftar SNBT dari keluarga kurang cakap dapat memperoleh tidak dipungut bayaran tarif seleksi melalui Program KIP Kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

3. Peserta
Perbedaan besar lainnya antara SNBT dan SNBP yaitu calon peserta yang boleh mendaftar.

Peserta SNBP yaitu siswa kelas 12 di SMA, MA, SMK (alumnus 2023), dengan umur optimal 25 tahun, ialah siswa eligible (memiliki hak turut SNBP) dengan ditetapkan dari cara kerja pemeringkatan oleh sekolah. Jumlah siswa eligible SNBP di satu sekolah juga ditetapkan menurut akreditasi sekolah.

Sementara itu, peserta SNBT bisa ialah alumnus 2021, 2022, atau 2023, dari SMA, SMK, MA, dan Paket C, dengan umur optimal 25 tahun.

4. Energi Tampung di PTN
Kuota atau kekuatan tampung mahasiswa melalui jalur SNBP pada sebuah PTN yakni minimum 20 persen dari sempurna kuota mahasiswa yang diterima.

Sementara itu, kekuatan tampung mahasiswa melalui jalur SNBT yakni minimum 40 persen dari sempurna kuota mahasiswa yang diterima. Khusus PTN Badan Peraturan (PTN-BH), kuota SNBT-nya minimum 30 persen.

5. Pengisian Data di PDSS
Di SNBP, sekolah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan data sekolah dan juga data siswa eligible (alumnus 2023 dan turut SNBP).

Sementara itu, di SNBT, sekolah tak mengisikan data siswa peserta SNBT dari sekolahnya di PDSS. Pendaftar SNBT bisa mengisi data diri sendiri ketika pendaftaran akun SNPMB.

6. Ketetapan Jumlah Peserta
Perbedaan SNBT dan SNBP berikutnya yakni adanya ketetapan jumlah peserta pda SNBP.

Sekolah dengan akreditasi A bisa mengirim 40 persen siswa terbaik yang dirunut melalui pemeringkatan siswa untuk turut SNBP. Sekolah akreditasi B bisa mengirim 25 persen siswa terbaik, dan sekolah akreditasi C serta lainnya bisa mengirim 5 persen siswa terbaiknya.

Sementara itu, di SNBT, tak ada batas optimal jumlah siswa di sekolah yang bisa turut UTBK SNBT 2023.

7. Ketetapan Alternatif Prodi
Perbedaan alternatif prodi juga ada di SNBP dan SNBT. Ada ketetapan lokasi PTN pada alternatif prodi SNBP.

Peserta SNBP dapat memilih optimal 2 prodi dari 1 PTN yang sama atau 2 PTN berbeda. Melainkan, apabila memilih 2 prodi, salah satu PTN sepatutnya berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal siswa. Kalau memilih 1 prodi, siswa bisa memilih PTN di provinsi manapun.

Sementara itu, peserta SNBT dapat memilih optimal 2 prodi di 1 PTN yang sama atau di 2 PTN tanpa ketetapan lokasi PTN.
Mulai 2023, bagus peserta SNBP dan SNBT sama-sama bisa memilih prodi di program D3, D4, dan S1. Pemilihan prodi dan program pengajaran ini tak dikendalikan asal jurusan di SMA/SMK/MA/sederajat, atau berprinsip Merdeka Bertanggung Jawab.

8. Macam Percobaan
Peserta SNBP tak menjalani percobaan atau ujian, tapi peminat prodi seni dan olahraga seharusnya mengirimkan portofolio.

Seementara itu, peserta SNBT akan menjalani Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang terdiri dari Percobaan Potensi Skolastik (TPS), Penalaran Matematik, Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris.

PTN juga dapat mempertimbangkan kriteria lain dalam seleksi SNBT.

Nah, peserta SNBT peminat prodi seni dan olahraga juga seharusnya mengirimkan portofolio.

Perlu digarisbawahi, siswa yang lulus PTN melalui SNMPTN 2021 dan 2022 ataupun SNBP 2023 tak boleh turut UTBK SNBT 2023.

10 Universitas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Universitas Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE AUR – Lembaga pemeringkatan internasional, Times Higher Education Asia University Rankings (THE AUR) 2022 merilis daftar universitas terbaik di Indonesia di bidang kedokteran. Pemeringkatan THE AUR 2022 dinilai berdasarkan indikator teaching (lingkungan belajar), riset (volume, income, dan reputasi), sitasi (imbas riset), international outlook (staf, mahasiswa, dan riset), serta industry income (transfer pengetahuan).

Pada kategori Asia University Rankings 2022 dengan subject “Medicine & Dentistry” atau Kedokteran dan Kedokteran Gigi, ada 10 kampus Indonesia yang masuk peringkat. Dari jumlah hal yang demikian, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada dalam peringkat.

Adapun peringkat pertama ada Universitas Indonesia. Disusul Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). UPI belum ada Fakultas Kedokteran. Tetapi di sana tersedia Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) dengan sejumlah prodi seperti, Keperawatan serta Pendidikan Lahiriah Kesehatan dan Rekreasi. Peringkat berikutnya adalah Universitas Airlangga di peringkat kedua dan ketiga.

10 Universitas Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)
Peringkat global: 201-250

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Peringkat global: 351-400

3. Universitas Airlangga (Unair)
Peringkat global: 401-500

Baca Juga : 5 Kampus Swasta Terbaik di Banjarmasin Paling Populer

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Peringkat global: 401-500

5. Universitas Hasanuddin (Unhas)
Peringkat global: 401-500

6. Universitas Sebelas Maret (UNS)
Peringkat global: 401-500

7. Universitas Brawijaya (UB)
Peringkat global: 501+

8. Universitas Diponegoro (Undip)
Peringkat global: 501+

9. Universitas Padjadjaran (Unpad)
Peringkat global: 501+

10. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Peringkat global: Reporter

Nah, itulah 10 universitas dengan bidang kedokteran terbaik di Indonesia versi THE AUR. Alumnus kedokteran akan betul-betul diperlukan dalam institusi kesehatan sebagai energi pekerja kesehatan. Banyak nya keperluan energi kerja medis khusunya dokter membikin kampus kedokteran banyak diminati di Indonesia. Alumnus kedokteran dapat memberikan skor plus bagi mahasiswa yang sudah memecahkan studi sekalian membuka kans kerja yang lebih bagus.

5 Kampus Swasta Terbaik di Banjarmasin Paling Populer

Kampus swasta terbaik di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan tentu menjadi salah satu tempat kuliah terbaik. Itu sama pentingnya dengan memilih jurusan kuliah. Ada pelbagai tolok ukur yang bisa kamu gunakan untuk memilih tempat kuliah, salah satunya akreditasi institusi yang menjadi kewenangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Kampus Swasta Terbaik di Banjarmasin

1. Universitas Sari Mulia

Universitas Sari Mulia lebih dikenal dengan kependekannya, UNISM. Universitas swasta di Banjarmasin berdiri sebagai hasil penggabungan antara Akademi Kebidanan (AKBID) Sari Mulia Banjarmasin dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Sari Mulia. Sejak berbentuk akademi dan sekolah tinggi hingga menjadi sebuah universitas di Banjarmasin pada tahun 2018, Yayasan Indah Banjarmasin berperan sebagai yayasan yang pengelola.

Lantas apa saja pilihan jurusan kuliah di Universitas Sari Mulia? Salah satu universitas yang ada di Banjarmasin ini membuka Program D3 Kebidanan serta D4 Bidan Pendidik dan Promosi Kesehatan. Untuk Program S1-nya, Sobat Pintar yang berharap kuliah di Banjarmasin dapat memilih Jurusan Akuntansi, Farmasi, Tertib, Kebidanan, Keperawatan, Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Metode Isu, Teknik Industri, dan Teknologi Isu. Universitas Sari Mulia ketika ini terakreditasi B oleh BAN PT.

Baca Juga : 6 Kampus Swasta Terbaik di Medan

2. Universitas Achmad Yani

Universitas Achmad Yani dikenal dengan kependekan Uvaya. Universitas swasta di Banjarmasin ini didirikan pada tahun 1983 oleh Yayasan Pendidikan Universitas Achmad Yani Kalimantan Selatan. Universitas Achmad Yani memiliki dua lokasi kampus, yaitu di Banjarmasin dan Banjarbaru. Meski memiliki kampus di Banjarbaru, Universitas Achmad Yani lebih dikenal sebagai universitas di Banjarmasin – bukan universitas di Banjarbaru.

Lantas apa saja pilihan jurusan kuliah, baik di kampus Banjarmasin maupun Banjarbaru? Universitas Achmad Yani membuka Program S1 Administrasi Pendidikan, Agribisnis, Nasehat dan Konseling, Budidaya Perairan, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Tertib, Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Teknik Sipil. Opsi jurusan yang cukup populer untuk kuliah di Kalimantan nih, Sobat.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan, atau Stikes Suaka Insan, dikelola oleh Yayasan Suaka Insan Suster-Suster Santo Paulus dari Chartres. Pada awalnya yayasan mendirikan Program Sekolah Penjenang Kesehatan Umum (SPKU), kemudian Pendidikan Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), Pendidikan Kebidanan, hingga Akper. Alhasil pada tahun 2006, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan legal berdiri sebagai salah satu kampus di Banjarmasin.

Dari perkembangan institusinya, kamu bisa menebak apa saja pilihan jurusan kuliah yang ketika ini dibuka di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan, Sobat Pintar? Perguruan tinggi swasta di Banjarmasin ini menaungi Program D3 Keperawatan serta S1 Fisioterapi dan Ilmu Keperawatan. Kampus Banjarmasin ini sekarang terkreditasi B oleh BAN PT.

4. Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin

Akademi Maritim Nusantara (Amnus) Banjarmasin didirikan oleh Yayasan Pendidikan Maritim Indonesia (Yaperindo) pada tahun 1997. PTS di Banjarmasin ini menaungi satu Program D3, yaitu Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan. Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin ketika ini terakreditasi Baik.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Tertib Sultan Adam

Sekolah Tinggi Ilmu Tertib Sultan Adam, yang lebih dikenal dengan kependekan Stihsa, berdiri pada tahun 1983. Pada awalnya kampus swasta di Banjarmasin ini ialah kelas paralel Fakultas Tertib Unlam, hingga alhasil Yayasan Pendidikan Tinggi Sultan Adam (YPTSA) legal berperan sebagai pengelola.

6 Kampus Swasta Terbaik di Medan

Kampus Swasta Terbaik di Medan – Kampus swasta di Medan itu ada banyak banget. Kau bisa mulai dengan memandang akreditasi kampusnya, semisal. Di bawah ini yakni daftar universitas swasta di Medan yang sekarang telah mengantongi akreditasi B dari BAN PT. Kampus yang mempunyai akreditasi B ialah kampus yang tergolong baik dan mempunyai standar pengajaran tinggi.

Kampus Swasta Terbaik di Medan

1. Universitas HKBP Nommensen

Universitas swasta di Medan ini pada awalnya berdiri dengan tiga fakultas, yaitu Tata, Ekonomi, dan Theologia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Teknik, Peternakan, Pertanian, Bahasa dan Seni, Psikologi, hingga Pascasarjana silih berganti dibuka pada tahun-tahun berikutnya.

Saat ini Universitas HKBP Nommensen membuka Program D3 Administrasi Perpajakan. Untuk Program S1, universitas di Medan ini menawarkan Jurusan Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Agroekoteknologi, Agribisnis, Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Sastra Inggris, Seni Musik, Ilmu Tata, Pendidikan Dokter, Administrasi Bisnis, Administrasi Publik, Ilmu Psikologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan PPKN, Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, dan Produksi Ternak.

2. Universitas Imelda Medan

Universitas yang ada di Medan ini berkembang dari sebuah Klinik Bersalin. Seiring berjalannya waktu, Yayasan Imelda kemudian juga menaungi Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan, hingga Sekolah Tinggi Kesehatan. Dengan bergabungnya Akademi Manajemen Informatika dan Komputer, maka legal berdiri Universitas Imelda Medan yang kita kenal seperti sekarang.

Baca Juga : 5 Universitas Spesialis Bedah Ortopedi Kedokteran Terbaik

Nah, sekiranya kuliah di Medan, kamu bisa pilih jurusan apa aja sih, di Universitas Imelda Medan? Untuk Program D3, kamu bisa kuliah di Jurusan Kebidanan, Keperawatan, Perekam Medis dan Berita Kesehatan, Komputerisasi Akuntansi, dan Manajemen Informatika. Kamu juga bisa kuliah di Program D4 Manajemen Informatika Kesehatan. Salah satu universitas swasta terbaik di Medan ini pasti membuka Program S1 juga. Pada tingkatan ini, kamu bisa memilih kuliah di Jurusan Keperawatan, Farmasi, Kebidanan, Pariwisata, dan Ekonomi Syariah.

3. Universitas Islam Sumatera Utara

Universitas Islam Sumatera Utara dikenal sebagai tak hanya PTS di Medan, tapi juga perguruan tinggi Islam pertama di Pulau Sumatra. Berawal dengan Fakultas Tata dan Ilmu Kemasyarakatan saja, saat ini Universitas Islam Sumatera Utara sudah mengelola sembilan fakultas.

Universitas Islam Sumatera Utara menawarkan tawaran pilihan jurusan yang berjenis-variasi untuk kuliah swasta di Medan, Sobat. Kampus di Medan ini membuka Jurusan Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Kewirausahaan, Ilmu Tata, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Tata Keluarga Islam, Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Agroteknologi, Teknologi Hasil Pertanian, Agribisnis, Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Teknik Industri, dan Teknik Informatika.

4. Universitas Mikroskil

Universitas swasta di Medan apa saja? Tak lengkap sekiranya tidak menyebutkan Universitas Mikroskil. Kampus swasta di Medan ini dikelola oleh Yayasan Bina Pertiwi Medan. Berawal dari sebuah lembaga kursus komputer, yang kemudian menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Mikroskil, Universitas Mikroskil kini menaungi lima Program S1 – termasuk jurusan yang semula menjadi bagian dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mikroskil.

Apa saja pilihan jurusan kuliah di universitas swasta di Medan ini? Untuk Program S1-nya, Universitas Mikroskil membuka Jurusan Teknik Informatika, Sistem Berita, Teknologi Berita, Manajemen, dan Akuntansi.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora

Sebagai sebuah sekolah tinggi ilmu kesehatan, perguruan tinggi swasta di Medan ini menjalin kerja sama dengan beberapa rumah sakit, seperti RSU H. RSU Adam Malik, RSU Pirngadi, RSU Bunda Thamrin, dan RSJ Prof. Dr. M. Ildrem. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora membuka Program D3 Kebidanan dan Keperawatan serta S1 Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.

6. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sehat Medan

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sehat Medan dikelola oleh Yayasan Rumah Sakit togel hongkong Umum Sehat Medan. Berawal dari sebuah Akademi Keperawatan Sehat Binjai, PTS di Medan ini telah berkembang pesat dan sekarang membuka Program D3 Keperawatan dan Kebidanan serta Program S1 Farmasi.

5 Universitas Spesialis Bedah Ortopedi Kedokteran Terbaik

Universitas Spesialis Bedah Ortopedi Kedokteran Terbaik di Dunia – Menjadi seorang spesialis bedah ortopedi membutuhkan banyak ketekunan dan kerja keras. Meskipun demikian, mereka yang suka pekerjaan mendapatkan tingkat kesadaran diri yang baru dengan bekerja sebagai spesialis bedah ortopedi. Bedah ortopedi ialah bidang yang benar-benar kompetitif. Namun demikian, itu juga benar-benar menguntungkan. Menjadi seorang spesialis bedah ortopedi membutuhkan 4 tahun sekolah kedokteran dan lima tahun residensi ialah wajib.

Anda juga perlu mencari sekolah kedokteran yang pas untuk menjadi spesialis bedah ortopedi. Sekolah yang pas menawarkan kursus dan program yang diperlukan untuk bedah ortopedi.

Universitas Terbaik Untuk Spesialis Bedah Ortopedi

1. Universitas California

Universitas Spesialis Bedah Ortopedi memiliki sejarah departemen bedah Ortopedi yang layak yang muncul pada tahun 1930 dengan Dr. Le Roy C. Abbot yang bertanggung jawab atas studi. Untuk efisiensi dalam memberikan pelatihan terbaik, Universitas acap kali kali memperbarui fasilitas dan teknologinya untuk memenuhi tren saat ini. Selain itu, di University of California, para dokter berkolaborasi dengan rekan-rekan mereka yang bukan bagian dari Universitas di bidang perlengkapan, teknologi, dan temuan perawatan untuk memenuhi tren permintaan saat ini.

Universitas juga percaya untuk menjadi tren global melewati kreativitas. Oleh karena itu, mereka berkolaborasi untuk mempelajari, mengembangkan, dan mempublikasikan tren baru di bidang perawatan ortopedi. Universitas memiliki rasio mahasiswa-fakultas ialah 13:1 dan biaya kuliah ialah 52,920 dolar. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pendaftaran dan kehidupan kampus, silakan ikuti tautan.

2. John Hopkins University

Sekolah bedah ortopedi John Hopkins didirikan di salah satu fakultas khusus yang sudah ada sebelumnya oleh William Halsted. Seperti University of California, John Hopkins menekankan kreativitas dan pengembangan para pemimpin di bidang bedah ortopedi. Yang paling penting, John Hopkins telah menjadi dampak yang kuat di bidang bedah ortopedi selama bertahun-tahun dan berfungsi sebagai titik referensi untuk universitas lain. Salah satu alasan utama Universitas ini menonjol ialah sebagai hasil dari pelatihan langsung untuk dokter medis.

Baca Juga : 6 Universitas Jurusan Ilmu Pemerintahan Terbaik di Indonesia

Selain nada yang sama, mereka berusaha mencapai keseimbangan yang pas antara kegiatan kelas dan pengalaman klinis. Untuk pemeringkatan, Universitas menempati peringkat #12 di peringkat universitas dunia dengan rasio mahasiswa terhadap fakultas 6:1. Kemudian biaya kuliah ialah 55,350 dolar.

3. Universitas Pennsylvania Perelman

University of Pennsylvania menempati peringkat teratas untuk pelatihan residensi dokter utamanya. Menurut catatan, dokter di University of Pennsylvania mengerjakan lebih dari 10,000 prosedur (bedah) dalam setahun dan menerima lebih dari 84,000 pasien rawat jalan di berjenis-tipe sub-spesialisasi ortopedi di rumah sakit yang terkait erat dengan obat-obatan Penn.

Universitas didedikasikan untuk memberi pengarahan mahasiswa untuk menjadi yang terbaik di bidangnya melewati pengawasan ketat untuk menentukan individu tumbuh menjadi yang terbaik di bidangnya.

Biaya kuliah untuk universitas ialah 59,910 dolar. University of Pennsylvania memiliki rasio mahasiswa-fakultas 4:5:1. Untuk kabar lebih lanjut tentang Universitas silakan ikuti tautan.

4. Universitas Washington

University of Washington ada dalam daftar ini karena berjenis-tipe alasan, salah satunya keterbukaannya terhadap keragaman kultur. Daya kerja universitas terdiri dari orang-orang dari latar belakang kultur yang berbeda. Demikian pula, ini didedikasikan untuk menyediakan program pendidikan berkualitas tinggi dengan ceruk untuk menyediakan layanan kesehatan Universitas Ahli Bedah Ortopedi yang berkualitas.

Beberapa tahun terakhir, Universitas telah melangkah lebih jauh untuk berinvestasi dalam teknologi seperti simulasi bedah dan pencetakan 3D. Universitas menawarkan bedah ortopedi di tingkat pascasarjana, pascasarjana, dan residensi. Mereka juga memberikan saran bagi siswa yang mau mengambil kedokteran sebagai program studi. Program-program ini termasuk program residensi mereka sepenuhnya terdaftar untuk mengerjakan studi dan uji klinis.

Selanjutnya, biaya kuliah untuk University of Washington ialah 11,465 dolar (biaya lokal) dan 38,166 dolar (biaya dalam negeri). Rasio mahasiswa-fakultas ialah 21:1. Untuk kabar penerimaan lebih lanjut, silakan ikuti tautan.

5. Universitas California-Los Angeles

University of California, Los Angeles telah berdiri cukup lama sekarang. Ia juga memiliki seluruh fitur yang menjadikannya sekolah kedokteran yang pantas untuk spesialis bedah ortopedi. Departemen ini memiliki departemen bedah ortopedi rumit yang didedikasikan untuk menangani kasus-kasus yang terkait dengan buah hati-buah hati dan orang dewasa. Kecuali hal memberikan layanan medis dan bedah berkualitas tinggi, universitas ini luar biasa.

Universitas menyediakan program ortopedi melewati pusat penelitian Ortopedi J. Vernon Luck yang terletak di kampus. Fakultas kedokteran berada di antara sepuluh fakultas teratas untuk hibah penelitian medis. University of California didirikan pada tahun 1919 dan memiliki populasi Universitas Ahli Bedah Ortopedi siswa 44,947 pada tahun 2016. Selain itu, biaya sekolah ialah $13,240 untuk warga negara dan $42,994 untuk siswa internasional dengan rasio siswa-fakultas 18:1.

6 Universitas Jurusan Ilmu Pemerintahan Terbaik di Indonesia

Universitas Jurusan Ilmu Pemerintahan — Jika kamu penasaran dengan jurusan Ilmu Pemerintahan dan berharap tahu seperti apa deskripsi jurusan hingga prospek kerjanya, maka artikel ini perlu kamu baca. Karena di sini akan memberikan kamu beberapa ulasan mengenai universitas yang memiliki jurusan Ilmu Pemerintahan yang dapat kamu pertimbangkan seandainya berharap melanjutkan ke perguruan tinggi nanti.

Sebelum masuk pada ulasan utama yaitu daftar universitas yang ada jurusan Ilmu Pemerintahan, sudah melampirkan sedikit ulasan mengenai deskripsi jurusan Ilmu Pemerintahan hal yang demikian. Jurusan Ilmu Pemerintahan adalah sebuah jurusan yang di dalamnya menganalisa berjenis-jenis permasalahan berhubungan organisasi, administrasi, manajemen, dan kepemimpinan dalam progres organisasi atau badan publik dan seluruh hal mengenai kekuasaan negara, sebagaimana yang tertuang dalam tata tertib perundang-undangan.

Tak hanya itu saja. Selama menjalani masa perkuliahan kamu juga akan dibekali dengan keterampilan dalam komunikasi hinga bernegosiasi. Menarik juga jurusan Ilmu Pemerintahan ini.

Anjuran Perguruan Tinggi Jurusan Ilmu Pemerintahan

Berikut ini adalah daftar kampus yang memiliki jurusan Ilmu Pemerintahan yang dapat kamu pertimbangkan salah satunya.

1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Dari daftar kampus pertama adalah Universitas Padjadjaran yang memiliki jurusan Ilmu Pemerintahan. Kampus yang berada di kota Bandung ini telah melahirkan banyak alumni yang berkompeten dan berprestasi. Jurusan Ilmu Pemerintahan UNPAD berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Tentu kamu sudah tahu bahwa Universitas Padjadjaran berhasil (UNPAD) menjadi salah satu universitas favorit yang di Indonesia selama bertahun-tahun.

Jadi, Kecuali dinobatkan sebagai salah satu kampus negeri terbaik di Indonesia, Unpad juga selalu berhasil menarik minat para calon mahasiswa/i di seluruh penjuru Indonesia untuk menempuh pendidikan di kampus mereka.

Baca Juga : 19 Universitas Jurusan Teknologi Laboratorium Medik

2. Universitas Riau (Unri)

Kampus berikutnya yang memiliki jurusan Ilmu Pemerintahan yang rekomendasikan pada kans kali ini adalah UNRI atau Universitas Riau.

Kampus yang lokasinya ada di Kampus Bina Widya KM. 12,5, Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau ini memiliki visi untuk “Menjadi Universitas Riset Unggul Bermartabat terutamanya di Bidang Riset dan Teknologi di Kawasan Asia tenggara pada 2035”.

Pun hal yang demikian tak mengherankan sebab Universitas Riau ketika ini terus memperkuat fondasi dan terus melaksanakan pengembangan berjenis-jenis penemuan. Melainkan, para daya pengajar di masing-masing jurusan nya bersinergi dengan penemuan yang berbasis science.

Jurusan Ilmu Pemerintahan UNRI berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang semula memiliki nama Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan (FKK).

Tak namanya kemudian berganti lagi jadi Fakultas Sosial dan Politik atau Fakultas Sospol. Dan pada ketika itu fakultas ini hanya memiliki dua jurusan saja yaitu jurusan Administrasi Negara dan Administrasi Niaga.

3. Universitas Lampung (Unila)

Kampus satu ini menjadi salah satu kampus negeri populer sekaligus terbaik yang ada di pulau Sumatra. Kampus hijau satu ini telah diganjar banyak penghargaan karena prestasi yang diraihnya. Mulai dari skala nasional hingga internasional. Di tahun 2021 yang lalu, kampus Unila masuk dalam jajaran 15 besar perguruan tinggi berkelanjutan di Indonesia berdasarkan versi dari UI Greenmetrics World University Ranking Awards.

Tak hanya itu saja. Universitas Lampung juga menduduki peringkat 10 dari 53 Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia versi Scimago.

4. Universitas Halu Oleo (UHO)

Anjuran kampus yang memiliki jurusan ilmu pemerintahan berikutnya adalah Universitas Halu Oleo yang bermukim di Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Sulteng.

Pada awalnya Universitas Halu Oleo didirikan karena adalah bagian atau cabang dari Universitas Hasanuddin Makassar, tepatnya pada tahun 1964. Tak, selang 17 tahun lamanya hasilnya Universitas Halu Oleo (UHO) hasilnya diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama di Sulawesi Tenggara dan ke- 42 di Indonesia.

5. Universitas Tanjungpura (Untan)

Universitas Tanjungpura yang juga dikenal dengan sebutan UNTAN sudah berdiri sejak 20 Mei 1959 dan menjadi salah satu kampus terbaik. Di PTN satu ini terdapat jurusan Ilmu Pemerintahan yang bisa kamu pilih nanti ketika hendak melanjutkan pendidikan tinggi. Kampus yang memiliki visi menjadi institusi preservasi serta pusat info ilmiah Kalimantan Barat ini menjadi salah satu kampus yang memiliki visi untuk mencetak generasi muda berprestasi dan membanggakan.

Untuk mengetahui selengkapnya seputar Universitas Tanjungpura (UNTAN) terutamanya mengecek perihal profil jurusan Ilmu Pemerintahannya maka kamu bisa mengakses link legal di untan.ac.id.

6. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menjadi kampus berikutnya yang rekomendasikan pada daftar kali ini. Kampus satu ini mungkin tergolong muda karena berdiri pada 2001, melainkan visinya dalam mencetak jebolan bergengsi tak dapat dilihat sebelah mata.

Berdasarkan dari kampus yang berlokasi di Jl. Raya Palka No.Km 3, Panancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kab. Serang, Banten, Jabar ini juga cukup mencengangkan.

Karena data statistik jebolan Untirta hingga November tahun 2019 lalu saja sudah ada di angka 38.059 mahasiswa. Luar umum bukan. Bukan hanya angka lulusannya saja yang tinggi.

19 Universitas Jurusan Teknologi Laboratorium Medik

Jurusan Teknologi Laboratorium Medik atau Jurusan Analis Kesehatan termasuk salah satu jurusan kuliah yang diminati karena masih berkaitan dengan bidang kesehatan. Bila berkeinginan menempuh studi di jurusan hal yang demikian, cari tahu universitas yang menawarkan jurusannya. Pernah terpikirkan untuk kuliah di Jurusan Teknologi Laboratorium Medik? sekilas jurusan hal yang demikian berkaitan dengan teknologi, tetapi ternyata kamu akan belajar banyak tentang dunia kesehatan.

Kamu bisa memilih Jurusan Teknologi Laboratorium Medik di kampus-kampus yang ada di Indonesia. Tiap-tiap tahun, kampus hal yang demikian membuka seleksi penerimaan bagi calon mahasiswa baru yang berminat mendalami dunia kesehatan. Penasaran mana saja kampus di Indonesia yang menyediakan Jurusan Teknologi Laboratorium Medik atau Jurusan Analis Kesehatan? Simak artikel berikut ini.

Daftar Kampus Jurusan Teknologi Laboratorium Medik

Sudah banyak kampus di Indonesia yang menyediakan Jurusan Teknologi Laboratorium Medik sebagai salah satu pilihan bagi calon mahasiswa baru. Penamaan jurusan hal yang demikian mungkin saja berbeda antara satu kampus dengan kampus yang lain. Namun, mata kuliah yang akan ditempuh secara awam tetap sama.

Baca Juga : 10 Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik

Jurusan Teknologi Laboratorium Medik tersedia untuk program diploma ataupun sarjana. Namun, kamu perlu akurat dalam memilih kampus dan programnya karena akan berpengaruh pada jumlah mata kuliah, materi yang dididik, dan gelar yang akan didapatkan setelah mengatasi studi.

  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Universitas Efarina, Sumatera Utara
  • Universitas Kader Bangsa, Palembang
  • Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang
  • Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo
  • Universitas Megarezky, Makassar
  • Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta
  • Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Selatan
  • Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan
  • Universitas Setia Budi, Surakarta

Masih ada Perguruan Tinggi lain menawarkan Jurusan Teknologi Laboratorium Medik atau Jurusan Analis Kesehatan. Pun, jumlahnya lebih banyak diperbandingkan universitas hal yang demikian mencakup Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Akademi Analis Kesehatan, dan Politeknik Kesehatan Kemenkes. Ada hal penting yang perlu kamu amati sebelum memilih universitas yang mempunyai Jurusan Teknologi Laboratorium Medik di Indonesia. Laboratorium lagi ada banyak pilihan universitas di beragam-tipe lokasi.

Memilih Jurusan Terbaik

1. Lokasi Kampus
Penentuan lokasi universitas betul-betul berpengaruh terhadap biaya studi dan biaya hidup sebagai perantau. Bila kamu memilih universitas yang jauh dari tempat tinggal, pastinya akan ada biaya tambahan selain biaya kuliah yang perlu dikeluarkan, seperti biaya transportasi.

2. Kurikulum Jurusan
Sebagai calon mahasiswa baru yang akan menetapkan kuliah di Jurusan Teknologi Laboratorium Medik, cari tahu terutamanya dahulu kurikulum jurusan hal yang demikian. Kamu bisa mengakses informasinya dari website legal universitas dan langsung menuju tautan jurusan atau departemen.

Laboratorium berita terkait kurikulum atau mata kuliah yang akan dididik dari awal perkuliahan hingga lulus dapat diakses secara cuma-cuma, malahan dapat diunduh. Dengan memandang kurikulum hal yang demikian, kamu juga dapat membandingkannya dengan kurikulum universitas yang lain.

Tentukan pilihan universitas yang menyediakan Jurusan Teknologi Laboratorium Medik setelah kamu benar-benar yakin dengan mata kuliah di sana. Tarif terkait SKS atau muatan studi juga perlu untuk diketahui.

3. Biaya Kuliah
Biaya kuliah yang diperlukan untuk mengatasi studi di Jurusan Teknologi Laboratorium Medik juga tidak sama antara satu kampus dengan kampus yang lain. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu biaya studi Jurusan Teknologi Lab Medik, mulai dari biaya seleksi, biaya uang pangkal jurusan, hingga biaya kuliah per semester.

Bila kamu merasa biaya kuliah di Jurusan Teknologi Laboratorium Medik cukup mahal, masih ada kans untuk mencari beasiswa atau bantuan studi. Tidak ada salahnya pula mengajukan keringanan biaya dari pihak kampus agar kamu tetap bisa kuliah tepat waktu tanpa harus terbebani biaya kuliah.

4. Program yang Ditawarkan
Tidak seluruh Jurusan Teknologi Laboratorium Medik adalah program bagi calon mahasiswa di jenjang sarjana. Kans besar malahan diperuntukkan bagi jenjang diploma. Jadi, betul-betul penting untuk menentukan ragam program yang akan diambil.

5. Sesudah Karier Laboratorium Lulus
Aktivitasmu selama menjadi mahasiswa di Jurusan Teknologi Laboratorium Medik akan semakin terarah kalau kamu sudah mengetahui kans karier yang akan diambil. Jangan ragu untuk mengambil mata kuliah pilihan yang pantas dengan kans kerja impianmu.

10 Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik

Universitas Jurusan Hubungan Internasional (HI) menjadi salah satu maxbet login jurusan favorit dan peminatnya tiap-tiap tahun terus meningkat. Jurusan ini memang ternyata memiliki prospek yang bagus ke depannya. Jurusan HI acap kali dianggap sebagai cabang dari ilmu politik, sehingga jurusan ini hampir di tiap-tiap kampus berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Berminat mengambil prodi yang mempelajari seluk-beluk Hubungan antar negara dan sistem kebijakan pemerintah ini? melainkan tidak tahu kampus mana yang punya jurusan HI dengan kwalitas pendidikan yang bagus.

Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada

Prodi HI di Universitas Gadjah Mada ( UGM ) Yogyakarta sudah mengantongi predikat A dari BAN-PT sejak 2014. Prodi ini masuk daftar favorit incaran para peserta SNMPTN, SBMPTN, hingga Jalur Mandiri. Dengan peminatnya yang mencapai lebih dari 2.500 orang, HI UGM hanya memiliki daya tampung kurang lebih 80 orang saja. Oleh karena itu, passing grade HI UGM mencapai sebesar 55,95%. Jurusan HI UGM termasuk difavoritkan karena memiliki biaya yang relatif rendah diperbandingkan universitas lainnya.

2. Universitas Indonesia

Peringkat kedua diisi oleh Universitas Indonesia, di mana Prodi Hubungan Internasionalnya juga mendapatkan predikat A dari BAN-PT pada tahun 2014. Persaingan di Prodi HI UI jauh lebih ketat dari UGM. Jurusan HI di UI menjadi favorit kedua setelah Jurusan Akuntansi. HI UI ada di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dengan peminatnya yang mencapai lebih dari 3.000 orang, HI UI hanya memiliki daya tampung kurang dari 60 kursi. Daya tampung dari jalur SNMPTN sebanyak 17 orang, kemudian dari jalur SBMPTN sebanyak 22 orang, dan dari jalur SIMAK sebanyak 16 orang.

Baca Juga : 4 Kampus Terbaik di Mojokerto Paling Populer

3. Universitas Airlangga

Jurusan HI Universitas Airlangga juga layak menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Apalagi, akreditasi A BAN-PT-nya telah diperoleh lebih dulu dibanding UGM dan UI. Jurusan HI di Universitas Airlangga sudah diucapkan terakreditasi A sejak 2011 oleh BAN-PT. Total daya tampung Prodi HI Unair sebanyak 140 kursi dengan perincian, jalur SNMPTN 28 kursi, SBMPTN 42 kursi, dan Jalur Mandiri 70 kursi. Tentunya Universitas Airlangga ini bisa dijadikan sebagai opsi pilihan, melihat ketatnya persaingan di universitas negeri favorit lainnya.

4. Universitas Padjadjaran

Universitas favorit untuk Jurusan HI lainnya dapat kalian temukan di Bandung, Jawa Barat. Jurusan HI Universitas Padjajaran (Unpad) lebih dulu mengantongi nilai akreditasi A dari BAN-PT, yakni pada 2011. Hubungan Internasional juga termasuk sebagai salah satu jurusan favorit yang selalu ramai pendaftar tiap progres SBMPTN dan Ujian Mandiri. Dibanding universitas negeri sebelumnya, Universitas Padjajaran menyediakan kuota HI yang lebih besar pada jalur SNMPTN 2022 yakni 36 kursi dan SBMPTN sebanyak 48 kursi.

5. Universitas Jenderal Soedirman

Dari daerah Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, ada satu kampus yang membuka pembelajaran untuk jurusan HI, yakni Universitas Jendral Soedirman (Unsoed). Unsoed berada pada peringkat ke-36 dari 577 perguruan tinggi yang ada di Indonesia dalam versi 4ICU. Untuk prospek masa depan, lulusan jurusan HI bukan hanya berpeluang menjadi diplomat saja. Jebolan HI memiliki kans untuk menjadi negosiator, spesialis terjemah, wiraswasta, international officer, wartawan, dan masih banyak lagi.

6. Universitas Jember

Tahukah kamu kalau Universitas Jember ialah perguruan tinggi terbesar di Jawa Timur? Kampus yang berlokasi di Kabupaten Jember ini masuk dalam daftar pemilik Jurusan HI terbaik di Indonesia. Universitas Jember atau yang lebih acap kali disebut Unej, menyediakan kuota cukup banyak untuk Jurusan HI yakni 45 kursi untuk jalur SNMPTN dan 75 kursi untuk jalur SBMPTN 2022.

7. Universitas Riau

Universitas Riau di Provinsi Riau juga memiliki Jurusan HI yang masuk daftar unggulan. Jurusan ini bahkan sudah mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2013. Bagi kamu yang berada di wilayah Riau dan berharap mengambil Prodi HI di Unri, pada SBMPTN 2022 ini disediakan daya tampung sebanyak 80 kursi.

8. Universitas Katolik Parahyangan

Jurusan HI di beberapa universitas swasta juga masuk daftar unggulan. Salah satunya saja ada Universitas Katolik Parahyangan yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Dewi ‘Dee’ Lestari, penulis moncer kebanggaan Indonesia, juga pernah mengenyam studi S1 Hubungan Internasional di sana. Universitas Katolik Parahyangan juga cukup berprestasi karena acap kali menang dalam kejuaraan-kejuaraan berhubungan Jurusan HI.

9. Universitas Pasundan

Jurusan HI Universitas Pasundan yakni salah satu prodi HI tertua diantara prodi HI di Universitas lainnya di kota Bandung. Jurusan Hubungan Internasional dibentuk pada tahun 1985 di Kampus I Universitas Pasundan Bandung, Tepatnya di Jalan Lengkong besar. Jurusan HI menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan menyusul dibentuknya prodi Ilmu Administrasi Negara dan Kesejahteraan Sosial. Pembentukan Prodi ilmu HI dirasa penting mengingat perkembangan keilmuan serta perkembangan ilmu HI itu sendiri dalam tatanan global telah meningkat.

10. Universitas Paramadina

Jurusan HI di Universitas Paramadina juga punya track record bagus. Perguruan tinggi swasta di bilangan Jakarta Selatan ini juga acap kali dijuluki sebagai kampus pegiat seni. Beberapa publik teladan yang pernah mengenyam studi HI di Universitas Paramadina ialah Luna Maya, Ashanty, dan pembalap Moreno Soeprapto.

4 Kampus Terbaik di Mojokerto Paling Populer

Kampus Terbaik di Mojokerto — Jikalau kamu memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, pastinya perlu kamu tahu mengenai daftar rekomendasi kampus populer di daerah/ tempat yang memang kamu kehendaki. Itu juga apabila kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah ke Mojokerto. Tentunya kamu perlu tahu apa saja kampus di Mojokerto populer hal yang demikian berikut semua informasi penting di dalamnya.

Langsung yang sudah utarakan sebelumnya bahwa apabila kamu ingin untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka kamu perlu tahu rekomendasi kampus apa saja yang ada di kota/ daerah hal yang demikian.

Kampus di Mojokerto Paling Populer

Makanya di sini akan memberikan kamu beberapa rekomendasi pilihan kampus yang ada di Mojokerto dan bisa kamu pertimbangkan salah satunya.

Mojokerto dikenal sebagai sebuah kota yang lokasinya berada di Prov. Jatim atau berada sekitar 50 km barat tenaga dari salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya. Kota Mojokerto yakni wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, makanya tak heran apabila kota satu ini menjadi tujuan liburan sekaligus tujuan untuk menempuh pendidikan.

Baca Juga : 15 Sekolah Terbaik di Yogyakarta Versi LTMPT

Penasaran apa saja pilihan kampus di Mojokerto populer dan bagus yang bisa kamu coba pertimbangkan untuk berkuliah? Saran simak daftarnya sebagai berikut ini.

1. Universitas Islam Majapahit (UNIM)

Pilihan kampus di Mojokerto yang pertama tuliskan yakni Unim atau kepanjangan dari Universitas Islam Majapahit. Kampus ini yakni Perguruan Tinggi Swasta yang cukuo direkomendasikan apabila kamu hendak melanjutkan pendidikan.

Lokasi kampus ini berada di Jalan Raya Jabon No. KM.0,7, Tambak Rejo, Gayaman, Kec. Mojoanyar, Kan. Mojokerto, Jatim.

Sebelum mengerjakan pendaftaran ke UNIM, mari ketahui dahulu berapa banyak dan apa saja fakultas serta program studi yang ada di sana. Penjelasan fakultas dan jurusan UNIM ada sebagai berikut.

  • Fakultas Teknologi Pertanian UNIM
  • Program Studi/ jurusan Teknologi Hasil Pertanian
  • Fakultas Ekonomi Unim
  • Program Studi/ jurusan Akuntansi
  • Program Studi/ jurusan Manajemen
  • Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unim
  • Program Studi/ jurusan Ilmu Pemerintahan
  • Program Studi/ jurusan Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Teknik Unim
  • Program Studi/ jurusan Mesin
  • Program Studi/ jurusan Sipil
  • Program Studi/ jurusan Industri
  • Program Studi/ jurusan Informatika
  • Fakultas Agama Islam Unim
  • Program Studi/ jurusan Pend. Agama Islam
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pend. Unim
  • Program Studi/ jurusan Pend. Bahasa & Sastra Indonesia
  • Program Studi/ jurusan Pend. Bahasa Inggris
  • Program Studi/ jurusan Pend. Matematika
  • Fakultas Ilmu Kesehatan Unim
  • Program Studi/ jurusan Kebidanan

Jikalau kamu hendak mengerjakan pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Islam Majapahit (UNIM) maka kamu bisa mengakses lantas ke web legal PMB Unim di alamat siakad.unim.ac.id/pmb/formulir-pendaftaran.html.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dian Husada

Pilihan sekolah yang masuk pada daftar kali ini yakni Stikes AKPER Dian Husada Mojokerto. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan satu ini cukup diminati oleh banyak calon mahasiswa yang tertarik untuk terjun ke dunia medis dan kesehatan.

Bila Program Studi di Stiker AKPER Dian Husada Mojokerto yang dapat kamu pertimbangkan antara lain yakni:

  • D3 Keperawatan
  • D3 Kebidanan
  • S1 Keperawatan

Untuk semua informasi berhubungan penerimaan mahasiswa baru (PMB) di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dian Husada, maka kamu bisa menyimak lantas di web resminya di link dianhusada.ac.id atau di link dianhusada.ac.id/2022/05/17/brosur-pmb-2022.

Sementara untuk bagian pendaftaran secara lantas kamu bisa mengklik pada alamat bit.ly/sipenmaruDH2022.

3. Akademi Pariwisata (AKPAR) Majapahit Mojokerto

Bila kampus di Mojokerto berikutnya yang masuk daftar berikutnya yakni Akademi Pariwisata (AKPAR) Majapahit.

Untuk lokasi dari Akpar ini ada di Jalan Dr Soekandar No. 04, Ds. Jabon, Jagalan, Magersari, Mergelo, Jagalan, Kecamatan Magersari, Kab. Mojokerto, Jatim.

Secara sederhana, Akademi Pariwisata Majapahit Mojokerto akan memberikan kemudahan bagi kamu yang hendak mengeksplorasi dan mengekspresikan kreatifitas dan bakat yang dipunya secara khusus apabila kamu menyukai bidang kuliner dan hospitality.

Mempelajari ilmu dan wawasan mengenai Perhotelan yang ditawarkan di Akademi Pariwisata Majapahit Mojokerto akan memberikan kamu wawasan baru.

Karena materi dan ilmu yang akan diberikan dijamin menarik dan mudah untuk kamu pahami. Kamu kamu bukan hanya akan mempelajari perihal bagaimana mengelola sebuah pelayanan secara khusus di bidang perhotelan saja.

Sudah juga dapat mempelajari dan memaksimalkan pendidikan akademik lewat berjenis-jenis kegiatan praktik. Jadi di Akpar ini kamu bukan hanya akan mempelajari teorinya saja melainkan lantas terjun ke bagian praktiknya.

Program Studi yang ada di AKPAR Majapahit yang bisa kamu pertimbangkan yakni:

1. D3 – Perhotelan
Tamasya terkreditasi: A
2. D3 – Usaha Perjalanan Sudah
Tamasya terakreditasi: B

4. Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto (Unimas)

Dari daftar rekomendasi kampus Mojokerto yang ada di artikel yakni Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto (Unimas) yang lokasinya ada Jalan Irian Jaya No.4, Gatul, Kranggan, Kec. Prajurit Kulon, Mojokerto, Jatim.

Untuk kamu yang memiliki keinginan melanjutkan pendidikan ke level yang lebih tinggi ialah level Perguruan Tinggi, maka disarankan untuk lantas mendaftarkan diri ke Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto ini.

Alasan kenapa patut mendaftar ke kampus Universitas Mayjen Sungkono ini yakni karena di sini ada banyak Program Studi yang telah terakreditasi B, antara lain:

Fakultas Tata yang memiliki Program Studi/ jurusan Ilmu Tata serta membuka Pengajaran PKPA atau Profesi Pengacara Pilihan Selain.
Fakultas Ekonomi yang memiliki Program Studi/ jurusan Manajemen dan Akuntansi.
Fakultas Pertanian yang memiliki Program Studi/ jurusan Agribisnis.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pend. yang menyediakan Progdi/ jurusan Pend. Bhs Inggris.
Registrasi lengkap seputar penerimaan mahasiswa baru (PMB) atau pendaftaran, maka bisa lantas mendaftar melewati daring (online). Sore daring, pendaftaran juga bisa kamu lakukan dengan datang lantas ke kampus Unimas Mojokerto.

Pengajaran secara daring bisa kamu lakukan dengan mengakses lantas ke link legal di alamat pmb.unimas.id/registrasi.

Untuk waktu perkuliahan di Unimas akan dilaksanakan pada:

Pagi, pukul 08.00 – 12.00 WIB
Registrasi, pukul 16.00 – 20.00 WIB

Persyaratan Adminitrasi di Unimas Mojokerto

  • Mengisi Formulir Pengajaran yang disediakan.
  • Melampirkan fotocopy Ijazah SMA / SMK yang telah dilegalisir sebanyak 4 Lembar
  • Melampirkan fotocopy KTP sebanyak 4 Lembar
  • Melampirkan fotocopy KK sebanyak 4 Lembar
  • Melampirkan fotocopy Akte Kelahiran sebanyak 4 Lembar
  • Foto terbaru yang terdiri dari:
  • Hitam Putih 4×6 sebanyak 4 Lembar
  • Berwarna 4×6 sebanyak 4 Lembar
  • Bewarna 3×4 sebanyak 4 Lembar

7 Daftar Fakultas Kedokteran Terbaik di Surabaya

Fakultas Kedokteran Terbaik di Surabaya yakni salah satu Kota strategis di Jawa Timur yang memiliki kedokteran terbaik di Indonesia. Dikenal dengan kota bonek ini membuat banyak calon mahasiswa baru mendaftarkan diri untuk kuliah di Surabaya. Jadi tidak heran banyak calon mahasiswa baru berlaga-lomba berkeinginan kuliah di Surabaya. Bagi Anda yang berkeinginan Kuliah di Surabaya jangan khawatir. Sekarang sudah banyak Universitas di Surabaya yang memiliki program studi kedokteran yang dapat Anda pilih. Mulai dari Fakultas Kedokteran negeri hingga swasta tersedia di kota ini.

Daftar Fakultas Kedokteran Terbaik di Surabaya

Kota Surabaya memiliki banyak lokasi menarik yang dapat Anda kunjungi jikalau Anda sedang libur kuliah. Mall umumnya menjadi tempat pilihan mahasiswa di Surabaya. Tidak heran, jumlah Mall di Surabaya cukup banyak jadi Anda tidak akan merasa bosan. Surabaya juga menyediakan bimbel terbaik bagi Anda yang baru saja lulus SMA.

Baca Juga : Daftar 10 Sekolah Kedinasan Terfavorit Pilihan SNMPTN

Anda dapat mempersipakan diri untuk menjalani ujian masuk agar lebih mudah diterima. Kami memberi saran beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia yang dapat menjadi rujukan Anda untuk kuliah kedokteran.

Persyaratan Masuk Fakultas Kedokteran

Sebelum Anda mendaftarkan diri di Fakultas Kedokteran, ada beberapa syarat yang mesti mesti Anda miliki, hal ini akan membantu Anda dalam cara kerja belajar mengajar selama kuliah kedokteran. Adapun syarat seperti mahir dalam pelajaran Biologi, Memiliki keahlian dalam Bahasa Inggirs, dan beberapa syarat lainnya. Kami telah membuat Artikel seputar Apa Saja Persyaratan Masuk Fakultas Kedokteran disini.

Skor Minimal Masuk Fakultas Kedokteran

Agar dapat masuk di Fakultas Kedokteran mesti menentukan kampus mana yang sesuai dengan nilai UTBK yang Anda miliki. Tarif ini dikarenakan tiap-tiap-tiap-tiap Fakultas Kedokteran memiliki nilai minimal yang berbeda-beda. Kami telah membuat Artikel seputar Daftar Universiats Dengan Skor Minimal Fakultas Kedokteran disini.

Lama Kuliah di Fakultas Kedokteran
Menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran terbilang cukup lama, diperkirakan waktu yang dibutuhkan selama 6 Tahun. Tarif hal yang demikian sudah termasuk masa pre-klinis 4 tahun dan klinis 2 tahun. Selanjutnya Anda akan dihadapkan dengan Ujian UKMPPD dan Pengabdian (Internship).

1. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair)

Universitas Airlangga atau disingkat FK Unair yakni satu-satunya Universitas negeri di Surabaya yang memiliki program studi Pendidikan dokter. Alamat di Jl. Mayjen, Tambaksari membuat FK unair menjadi pencetus Fakultas Kedokteran di Surabaya. Berdasarkan BAN-PT No. 362/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 mengatakan bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mendapatkan Akreditasi A dan Biaya kuliah meliputi UKS Rp15.000.000 dan UKA Minimal Rp99.000.000.

2. Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (FK Ubaya)

Universitas Surabaya atau disingkat FK Ubaya yakni fakultas kedokteran swasta yang memiliki Akreditasi Baik sekali dari LAM-PTKes. Berlokasi di Jl. Raya Rungkut membuat FK Ubaya ramai menjadi pilihan peserta didik baru. Biaya yang ditawarkan FK Ubaya sebesar Rp285.000.000 yang memiliki 3 kali cicilan.

3 Fakultas Kedokteran Terbaik di Aceh

Universitas Ciputra atau disingkat FK UC yakni salah satu fakultas kedokteran swasta terbaik di Surabaya. Tarif ini dikarenakan Fakultas Kedokteran UC mendapatkan Akreditas B dari Surat Keputusan Nomor 0363/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2020. FK UC memiliki visi untuk memberi solusi terhadap dilema kesehatan di masyarakat. Tarif ini mendorong banyak calon mahasiswa baru berkeinginan berkuliah di FK UC. Biaya yang ditawarkan FK UC sebesar DPP atau SPP Rp36.000.000.

4. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya (FK UM Surabaya)

Universitas Muhammadiyah Surabaya atau tak jarang disapa FK UM Surabaya yakni salah satu Universitas Muhammadiyah yang memiliki program studi Pendidikan Dokter. Berdasarkan SK: 0110/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2019 bahwa FK UM Surabaya mendapatkan Akreditas B terhitung mahal. Biaya per semester FK UM Surabaya sebesar Rp26.000.000 hingga Rp30.000.000.

5. Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (FK UWKS)

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya atau dikenal dengan FK UWKS yakni fakultas kedokteran yang berdiri cukup lama di Surabaya. Berdasarkan Surat Keputusan nomor 001/BAN-PT/AK-1/VIII/1988 mengatakan Fakultas Kedokteran UWKS mendapatkan Akreditas B dan Biaya yang ditawarkan dikala awal masuk sebesar Rp36.130.000.

6. Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FK UKWMS)

Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Widya Mandala sejak 2011. Hebatnya UKWMS mendapatkan Akreditasi A berdasarkan (SK BAN-PT Nomor: 2994 / SK / BAN-PT / Terakreditasi / PT / XII / 2016). Biaya yang ditawarkan FK UKWMS tergantung dari gelombang pendaftaran mulai dari Rp300.000.000 sampai Rp350.000.000.

7. Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah (FK UHT)

Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah atau disingkat FK UHT yakni berdasarkan Surat Keputusan nomer : 001/BAN-BT/Ak-I/VII/1998 tanggal 11 Agustus 1998 bahwa Fakultas Kedokteran UHT mendapatkan Akreditasi B. Berlokasi di Kec. Wonokromo yang strategis membuat Fakultas Kedokteran UHT sungguh-sungguh ikonik di Surabaya. Biaya yang ditawarkan SPP Semester sebesar Rp18.000.000.

Daftar 10 Sekolah Kedinasan Terfavorit Pilihan SNMPTN

Sekolah Kedinasan Terfavorit Pilihan SNMPTN – 10 daftar sekolah kedinasan terjago untuk rujukan siswa IPA dan IPS mendaftar SNMPTN 2022, Ada IPDN dan Politeknik Keuangan Negara atau STAN. Buat kamu yang masih menimba ilmu di SMA kelas 12, terpenting jurusan IPA dan IPS, pasti kebingungan setelah lulus sekolah berkeinginan melanjutkan ke Perguruan Tinggi di mana ?

DAFTAR Sekolah Kedinasan Terunggul Pilihan Siswa SMA/SMK Alumni IPA/IPS

Salah satunya, setelah Anda lulus dari sekolah kedinasan nantinya berkesempatan menjadi Pegawai Negeri Sipil tanpa seleksi CPNS. Dikutip dari website dikdin.bkn.go.id, Sekolah Kedinasan merupakan perguruan tinggi yang memiliki ikatan dinas dengan beraneka lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan, yang nantinya lulusannya diangkat jadi PNS tanpa perlu melalui seleksi CPNS.

Baca Juga : Info Beasiswa di UHAMKA Lengkap

Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengumumkan perkembangan jumlah peminat tiap-tiap Sekolah Kedinasan yang buka pendaftaran. Dilansir dari website Twitter resmi BKN, diketahui pada 10 Mei 2021 jumlah yang mendaftar Sekolah Kedinasan merupakan 232.933 siswa dan dari jumlah ini hanya 206.356 siswa yang berhasil menjalankan submit.

Berikut daftar jumlah peserta pendaftar sekolah kedinasan 2021, diurutkan dari pelamar yang terbanyak ke yang paling sedikit pendaftarannya.

1. Politeknik Keuangan Negara STAN
Pelamar 44.455 memilih sekolah dan submit 41.983

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Pelamar 42.755 memilih sekolah dan submit 36.560

3. Politeknik Statistika STIS
Pelamar 27.501 memilih sekolah dan submit 26.727

4. Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)
Pelamar 17.323 memilih sekolah dan submit 15.083

5. Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD) Bekasi
Pelamar 16.844 memilih sekolah dan submit 13.951

6. Politeknik Ulasan Pemasyarakatan (POLTEKIP)
Pelamar 15.493 memilih sekolah dan submit 13.330

7. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
Pelamar 11.409 memilih sekolah dan submit 10.886

8. Sekolah Tinggi Intelijen Negara
Pelamar 10.897 memilih sekolah dan submit 10.465

9. Politeknik Siber Dan Sandi Negara
Pel amar 5.930 memilih sekolah dan submit 5.545

10. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun
Pelamar 6.949 memilih sekolah dan submit 5.319

Mengenai 10 daftar sekolah kedinasan terjago untuk rujukan siswa IPA dan IPS mendaftar SNMPTN 2022, Ada IPDN dan Politeknik Keuangan Negara atau STAN.

Exit mobile version