Berapa Usia Paling Tepat bagi Anak untuk Mulai Sekolah?

Berapa Usia Paling Tepat bagi Anak

Berapa Usia Paling Tepat bagi Anak – Pendidikan di sekolah menjadi daerah belajar bagi anak sesudah lingkungan rumah. Anak dapat mulai belajar bersosialisasi dan bersua dengan sahabat sepermainannya. Namun kapan waktu yang ideal untuk anak mencari ilmu?

Di Indonesia sendiri, terdapat sebagian level pengajaran di sekolah yang dapat ditiru oleh anak. Mulai dari umur dini 1-5 tahun, sekolah dasar, menengah, sampai perguruan tinggi.

Mengutip situs sekolah BPK Penabur, Jumat (20/1), American Academy of Pediatrics menerangkan bahwa pengajaran anak umur dini (PAUD) yang bermutu betul-betul penting dalam perkembangan dan pelaksanaan pelajaran anak.

Ketika menjelang dunia prasekolah seperti PAUD dan Taman Kanak-kanak (TK), anak akan berkenalan dengan angka, huruf, format dan warna.

Selain itu, perkembangan sosial dan emosi anak juga akan terlatih dikala bermain dengan sahabat sepermainannya. Kecil telah dapat belajar untuk berbagi dan terlibat dalam kesibukan kategori.

Umur Berapa Kecil Dapat Masuk PAUD?

Berdasarkan Sentra Pengaturan dan Pencegahan Penyakit (CDC), Amerika Serikat, pengajaran prasekolah ialah daerah belajar untuk anak yang berusia dari 3-5 tahun.

Baca Juga : Perbedaan SNBT dan SNBP, Calon Mahasiswa 2023 Perlu Tahu

Melainkan, ada juga sebagian orang tua yang mulai memasukkan anak ke PAUD pada umur 2,5 hingga 3 tahun. Sementara di Indonesia, biasanya undang-undang masuk paud untuk anak ialah berusia 2-6 tahun dan akan belajar layak kategori usia masing-masing.

Kapan Waktu yang Pas untuk Sekolah Dasar?

Adapun sesudah melalui masa prasekolah, si kecil dapat melanjutkan ke level sekolah dasar (SD). Berkaitan umur masuk SD, psikolog sekalian Dosen Universitas Indonesia (UI), Rose Mini Agoes Salim, M.Psi., mengatakan kematangan sekolah terbukti tak senantiasa diperhatikan dari umur Berapa Usia Paling Tepat bagi Anak.

Karena menurutnya, ada yang umur 5 tahun telah matang, ada yang baru 6 tahun, pun 7 tahun.

“Seandainya stimulan baik si kecil pasti matang ke sekolah. Mengapa umur 7 tahun matang sebab itu diambil pada umur kematangan rata-rata” tuturnya sebagaimana dikutip dari tulisan sebelumnya.

Melainkan, untuk memandang referensi di Indonesia, umur masuk SD juga sudah dikuasai dalam Permendikbud Nomor 51 tahun 2018 perihal PPDB TK, SD, SMP, SMA, SMK.

Pada pasal 7 terdapat undang-undang yang berbunyi:

1. Syarat calon peserta ajar baru kelas 1 (satu) SD berusia:

a. 7 (tujuh) tahun; atau

b. paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

2. Sekolah mesti mendapatkan peserta ajar yang berusia 7 (tujuh) tahun.

3. Pengecualian prasyarat umur paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b adalah paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta ajar yang mempunyai potensi kecerdasan dan/atau talenta istimewa dan kesiapan psikologis yang diterangkan dengan anjuran tertulis dari psikolog profesional.

4. Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tak tersedia, anjuran bisa dikerjakan oleh dewan guru Sekolah.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version