Pendidikan

Fakultas Beserta Program Studinya di Universitas Indonesia

Terdapat 14 Fakultas Beserta Program Studinya di Universitas Indonesia

kalian calon mahasiswa Universitas Indonesia (UI), sudahkah tahu apa data macau saja jurusan di UI? Salah satu universitas negeri tertua di Indonesia ini memang idamannya sejuta calon mahasiswa baru yang telah menuntaskan pendidikan menengah atas. Apakah UI itu kampus impianmu juga, Sobat?

Beda universitas bisa beda fakultas dan jurusan, loh. Kalau begitu, sudahkah Sobat tahu jurusan atau program studi (prodi) incaranmu di UI itu berada di fakultas apa? Ya udah deh, kita kepoin Universitas Indonesia dan jurusannya, yuk!

Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Indonesia

Saat ini, Universitas Indonesia menyediakan program pendidikan mulai dari program Sarjana, Pascasarjana, Doktoral, Profesi, Spesialis, dan Vokasi. Berikut daftar fakultas dan jurusan di UI yang dikelompokkan berdasarkan tingkatan programnya:

A. Program Sarjana (S1)

Program Sarjana (S1) merupakan program pendidikan yang dapat diikuti oleh siswa lulusan sekolah lanjutan atas dan sederajat, dengan usia ijazah tidak lebih dari 3 tahun. Jalur masuk penerimaan program ini, terdiri dari SNBP, UTBK-SNBT, PPKB, dan SIMAK UI.

Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK)

1. Fakultas Kedokteran

  • Program Studi Kedokteran

2. Fakultas Kedokteran Gigi

  • Program Studi Kedokteran Gigi

3. Fakultas Kesehatan Masyarakat

  • Program Studi Kesehatan Masyarakat
  • Program Studi Kesehatan Lingkungan
  • Program Studi Gizi keluaran macau
  • Program Studi Keselamatan & Kesehatan Kerja

4. Fakultas Ilmu Keperawatan

  • Program Studi Ilmu Keperawatan

5. Fakultas Farmasi

  • Program Studi Farmasi

Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi (Saintek)

6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  • Program Studi Matematika
  • Program Studi Fisika
  • Program Studi Kimia
  • Program Studi Biologi
  • Program Studi Geografi
  • Program Studi Geofisika
  • Program Studi Geologi
  • Program Studi Statistika
  • Program Studi Aktuaria

7. Fakultas Teknik

  • Program Studi Teknik Sipil
  • Program Studi Teknik Mesin
  • Program Studi Teknik Elektro
  • Program Studi Teknik Metalurgi dan Material
  • Program Studi Arsitektur
  • Program Studi Arsitektur Interior
  • Program Studi Teknik Kimia
  • Program Studi Teknik Industri
  • Program Studi Teknik Perkapalan
  • Program Studi Teknik Lingkungan
  • Program Studi Teknik Komputer
  • Program Studi Teknologi Bioproses
  • Program Studi Teknik Biomedik

8. Fakultas Ilmu Komputer

  • Program Studi Ilmu Komputer
  • Program Studi Sistem Informasi

Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora (Soshum)

9. Fakultas Hukum

  • Program Studi Ilmu Hukum

10. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Program Studi Ilmu Ekonomi
  • Program Studi Manajemen
  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Ekonomi Islam
  • Program Studi Bisnis Islam

11. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

  • Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea
  • Program Studi Bahasa dan Sastra Belanda
  • Program Studi Arkeologi
  • Program Studi Ilmu Filsafat
  • Program Studi Ilmu Perpustakaan
  • Program Studi Ilmu Sejarah
  • Program Studi Sastra Arab
  • Program Studi Sastra Cina
  • Program Studi Sastra Daerah/Jawa
  • Program Studi Sastra Indonesia
  • Program Studi Sastra Inggris
  • Program Studi Sastra Jepang
  • Program Studi Sastra Jerman
  • Program Studi Sastra Prancis
  • Program Studi Sastra Rusia

12. Fakultas Psikologi

  • Program Studi Psikologi

13. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • Program Studi Ilmu Politik
  • Program Studi Ilmu Komunikasi
  • Program Studi Sosiologi
  • Program Studi Antropologi Sosial
  • Program Studi Kriminologi
  • Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial

14. Fakultas Ilmu Administrasi

  • Program data sgp Studi Niaga
  • Program Studi Negara
  • Program Studi Fiskal

Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi dan Daftar Kampus Jurusan Teknik Geologi

Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi dan Daftar Kampus Jurusan Teknik Geologi

man22jakarta.com – Teknik geologi terbilang memiliki prospek kerja yang sangat banyak. Namun, kira-kira perusahaan seperti apa sih yang cocok untuk kamu? Peluang karier yang biasanya menjadi pilihan utama bagi lulusan teknik geologi adalah yang berkaitan dengan sektor minyak dan gas. Hal ini karena kedua hal tersebut menawarkan gaji yang tidak main-main. Meski begitu prospek kerja teknik geologi tidak hanya sebatas itu saja, lho. Kamu tetap memiliki peluang untuk bekerja di berbagai bidang dan perusahaan lainnya.

Berikut beberapa prospek kerja teknik geologi yang bisa kamu tekuni baik di dalam bidang pertambangan atau pun yang bukan.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Geologi

Kamu bisa memilih jurusan ini terutama jika kamu menyukai tentang ilmu Bumi dan melakukan penelitian tentang seluk beluk Bumi. Apalagi jika kamu memiliki pengeluaran hk ketertarikan pada ilmu alam seperti Fisik, Biologi, Kimia, Matematika, dna juga Geografi; pelajaran-pelajaran yang akan kamu dapatkan di program studi ini pasti menarik banget buatmu.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi

Prospek kerja seorang lulusan Teknik Geologi cukup mumpuni, lho, gaes. Gimana nggak, lulusan Teknik Geologi biasanya bekerja di perusahaan-perusahaan tambang besar seperti Adaro, Antam, Kideco, dan masih banyak lagi. Selain itu, mereka juga bisa masuk ke perusahaan perminyakan seperti Pertamina, Exxon, Chevron, British Petroleum, dan lain-lain. Nggak lupa, instansi-instansi pemerintahan seperti Kementrian Lingkungan Hidup, Energi dan Sumber Daya Mineral, hingga BPPT dan LIPI juga membutuhkan tenaga lulusan Teknik Geologi.

Kampus yang Membuka Jurusan Teknik Geologi

Prospek yang cerah menjadi salah satu pertimbangan kenapa Jurusan Teknik Geologi dipilih oleh calon mahasiswa baru. Tapi Jurusan Geologi ini ada di mana saja, sih?

D3 Teknik Geologi (akreditasi C) ada di Universitas Kutai Kertanegara, Tenggarong. D3 Teknik Geologi Terapan (akreditasi C) berada di Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP, Bandung.

S1 Jurusan Teknik Geologi dengan akreditasi A terdapat di:

  • Universitas Trisakti
  • Universitas Gadjah Mada
  • UPN Veteran Yogyakarta
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Hasanuddin

Jika Teknik Geologi UGM menjadi bagian dari Fakultas Teknik, Teknik Geologi Unpad berdiri sendiri sebagai sebuah fakultas. Bagaimana dengan Teknik Geologi di kampus-kampus lain?

Tenang, Sobat. Pilihanmu tidak terbatas pada kampus-kampus di atas. Masih ada, misalnya, Teknik Geologi ITB (akreditasi Unggul) dan Teknik Geologi Undip (akreditasi B).

Alumni Teknik Geologi ITB banyak yang bekerja di bidang industri pertambangan IDN Toto, gas bumi, dan perminyakan. Sebagian mereka juga bekerja di instansi pemerintah maupun lembaga penelitian. Tak jauh berbeda, alumni Teknik Geologi Undip juga berpeluang menjadi peneliti, pengusaha di bidang pertambangan, hingga pendidik.

5 Prospek Kerja Lulusan Administrasi Perkantoran

Pasti sudah tahu dong, tak asing lagi jika mendengar jurusan Administrasi Perkantoran bukan? Kamu yang ingin masuk atau lulusan jurusan ini, untuk peluang karier Administrasi Perkantoran juga cukup banyak. Jadi tak heran juga jika banyak orang yang tertarik untuk masuk jurusan ini.

Bagi yang masih penasaran dengan peluang karier Administrasi Perkantoran, berikut 10 peluang karier Administrasi Perkantoran yang bisa kamu dapatkan setelah lulus dari jurusan Administrasi Perkantoran.

Pilihan Kerja Lulusan Jurusan SMK Administrasi Perkantoran

1. Tenaga Pengajar

Selain bekerja di sebuah perusahaan, lulusan jurusan Administrasi Perkantoran teruji mampu berkarier sebagai seorang tenaga pengajar, seperti guru di SMK. Bukan sgp prize tanpa alasan, jurusan Administrssi perkantoran sekarang tak hanya dibangku kuliah saja. Namun juga tersedia di tingkat SMK atau sekolah kejuruan yang berfokus pada satu bidang ilmu saja.

2. Staf Administrasi

Karier jurusan Administrasi Perkantoran tak akan jauh dengan yang berhubungan dengan administrasi. Sehingga bagi yang berminat untuk berkarier di bidang yang sama, maka staf administrasi adalah pilihan yang tepat. Tugas utamanya antara lain melakukan bermacam-macam pelayanan kantor yang ada kaitannya dengan administrasi untuk mendukung keberhasilan operasional perusahaan.

3. Staf Personalia

Terakhir, kamu juga bisa berkarier sebagai staf personalia. Karier ini memiliki tugas serta tanggung jawab pada beberapa hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran-pembayaran lainnya. Staf personalia akan berhubungan dengan administrasi perkantoran, terutama mengurus adminsitrasi para karyawan perusahaan.

4. Event Organizer

Buat kamu yang tertarik untuk mengurusi sebuah kegiatan besar, bisa dicoba menjadi event organizer mandiri. Sebab pada dasarnya, untuk membuat sebuah acara bisa berjalan dengan lancar dan sukses, maka dibutuhkan keahlian dalam bidang administrasi yang kuat. Oleh karena itu, lulusan Administrasi Perkantoran memiliki peluang besar dalam bidang karier ini

5. Sekretaris

Peluang karier selanjutnya dari jurusan Administrasi Perkantoran adalah menjadi seorang sekretaris. Biasanya tugas utama yang akan dilakukan oleh seorang sekretaris, menyaring informasi tentang hubungan dengan bisnis perusahaan bagi pimpinan dan menjadi media perekam, penyimpan dan pengingat kegiatan pimpinannya. Namun, tak sedikit lebih sering perempuan yang selalu ditunjuk untuk mengisi posisi ini. Sebab tingkat keuletan dan ketelitian perempuan yang selalu dinilai baik, khususnya dalam bidang kesekretariatan.